Purnawirawan TNI Janjikan Rp 20 Juta Bagi Warga yang Mampu Ungkap Penyebar Hoaks

Hoaks2.jpg
(istimewa)


RIAU ONLINE - Purnawirawan TNI Mayor (Purn) Muhammad Saleh Karaeng Silla menjanjikan uang senilai Rp 20 juta bagi masyarakat mampu mengungkap atau memberi informasi terkait identitas pemilik akun YouTube Politik Indonesia.

"Saya akan memberi hadiah Rp20 juta rupiah bagi siapapun yang berhasil mengungkap siapa sosok dan dalang di balik buzzer hoax yang sedang diburu," kata Saleh dalam video di Youtube MPS Sang Mayor Pemersatu, seperti dilansir dari Suara.com, Senin, 18 Juli 2022.

Saleh menegaskan salah satu targetnya, yakni dalang di balik channel YouTube Politik Indonesia. Menurutnya, akun tersebut kerap menyebarkan informasi bohong alias hoaks yang meresahkan.

"Saya beberkan fakta-fakta fitnah dan hoax di channel tersebut: Postingan di channel ini tanggal 5 Juni 2022 memfitnah Ibu Megawati Soekarnoputeri dengan judul video viral 'PDIP diambang kehancuran, didepan Jokowi dan media mega menangis sejadi jadinya dan video dengan judul, Jokowi US1R megawati dari istana!! akibat ulah partainya," ungkapnya.


Bukan cuma Megawati dan Jokowi, Saleh menyebut akun YouTube Politik Indonesia juga menyebarkan hoaks dan fitnah terhadap Menteri Pertahanan sekaligus Ketua Umum Gerinda, Prabowo Subianto, Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD, Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY, dan Susilo Bambang Yudhoyono alias SBY.

Saleh meminta masyarakat yang mengetahui aktor di balik akun YouTube Politik Indonesia untuk melapor ke alamat e-mail [email protected]. Sebagaimana yang dia janjikan, masyarakat yang mampu memberi informasi sebagaimana sesuai dengan syarat dan ketentuan, akan diberi imbalan Rp20 juta.

"Bukti harus bisa diverifikasi sehingga bisa dengan jelas diketahui bahwa sosok tersebut merupakan pemilik atau pengelola buzzer hoax yang sedang diburu," pungkasnya.

Sebelumnya, Saleh meminta Ketua DPR RI Puan Maharani bergerak melawan buzzer hoaks. Dia juga meminta masyarakat turut serta memburu para pelaku.