Warga Diminta Ganti Plastik dengan Daung Pisang untuk Wadah Daging Kurban

Daging-Kurban3.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Warga diminta tak pakai kantong plastik bungkus hewan kurban tapi menggantinya dengan daun pisang atau jati. Salah satu permintaan itu disampaikan Pemerintah Kota Depok.

Hal itu disampaikan ke panitia pelaksanaan ibadah kurban se-Depok.

Selain itu lurah dan camat di wilayah Depok juga diminta ikut memantau.

Imbauan itu disampaikan Wali Kota Depok Mohammad Idris.


Dia mengimbau panitia kurban mengganti kantong plastik dengan wadah yang ramah lingkungan misalnya besek atau wadah lain yang bisa digunakan ulang.

"Kami mengimbau masyarakat untuk membawa wadah sendiri, yang dapat dipakai ulang, untuk mewadahi daging kurban," katanya di Depok, Jumat.

Lurah dan Camat juga diminta menyampaikan surat edaran tentang pelaksanaan Hari Raya Idul Adha tanpa sampah plastik kepada masyarakat di wilayah masing-masing.

Menurut surat edaran pemerintah kota, panitia pelaksanaan ibadah Idul Adha mesti menyediakan sarana dan prasarana pengolahan sampah berupa tempat sampah terpilah dan alat pengumpul sampah terpilah di lokasi pelaksanaan salat dan pembagian daging kurban serta mengumpulkan dan mengangkut sampah ke tempat pemrosesan dikutip dari suara.com

Selain itu, panitia pelaksanaan ibadah Idul Adha diminta memastikan protokol kesehatan untuk mencegah penularan COVID-19 diterapkan selama pelaksanaan shalat, penyembelihan hewan kurban, dan pembagian daging kurban