Hari Donor Darah se-Dunia, PMI Targetkan 400 Kantong Darah

Rumah-Sakit-Eka-Hospital.jpg
(Riauonline/HO)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Pekanbaru ke-238, Rumah Sakit Eka Hospital bersama dengan PMI Pekanbaru menggelar kegiatan donor darah di Mal Pekanbaru, Selasa 14 Juni 2022. 

 

Kegiatan ini juga dilakukan sekaligus memperingati Hari Donor Darah se-dunia.

 

Kepala Divisi marketing dan komunikasi Eka Hospital Pekanbaru, Mohd Fikri Sulthoni menyebut untuk target awal donor darah ini adalah 400 kantong. 

 

"Setelah pandemi, ini memang menjadi kegiatan yang pertama kita gelar lagi. Biasanya dalam setahun kita gelar 4 kali. Semoga kegiatan serupa bisa kembali dilaksanakan," ujar Kepala Divisi marketing dan komunikasi Eka Hospital Pekanbaru, Mohd Fikri Sulthoni. 

 

Fikri berharap kegiatan ini menjadi ladang ibadah untuk membantu pasien dan masyarakat yang membutuhkan darah. 

 

"Terimakasih yang sudah hadir dan mendonorkan darahnya. Semoga dapat membantu pasien yang membutuhkan, karena kebutuhan sangat banyak," imbuhnya. 

 

SAsisten III Setda Kota Pekanbaru, Masykur Tarmizi yang turut hadir dalam acara tersebut juga mengungkapkan mengapresiasi kegiatan ini mengingat jumlah kebutuhan darah di Kota Pekanbaru terus mengalami peningkatan dari tahun sebelumnya. 


 

Hal ini sesuai dengan laju jumlah penduduk Kota Pekanbaru yang semakin meningkat. 

 

"Dan informasi dari Ketua PMI, untuk stok darah yang ada di PMI Pekanbaru tidak hanya digunakan oleh warga Pekanbaru, tapi juga dimanfaatkan oleh saudara-saudara kita yang ada di 11 Kabupaten/Kota di Provinsi Riau," tuturnya.

 

Untuk itu, ia mengingatkan pentingnya kesadaran masyarakat untuk rutin mendonorkan darah. Selain tubuh menjadi lebih sehat, donor darah rutin juga membantu terciptanya ketersediaan pasokan darah untuk kebutuhan masyarakat Kota Pekanbaru dan Provinsi Riau.

 

"Kami sangat mengapresiasi kinerja PMI Pekanbaru yang mempunyai tujuan mulia, yakni untuk memberikan bantuan dalam bidang kesehatan berbasis masyarakat. Diantaranya dengan mengelola unit transfusi darah secara profesional dan memenuhi standar internasional bagi keperluan pengobatan dan pemulihan kesehatan," ungkapnya. 

 

Sementara, General Manager Mal Pekanbaru Megawati menambahkan Mal Pekanbaru sangat konsen dalam kegiatan sosial termasuk donor darah.

 

 

''Kami menyadari hal ini penting bagi diri kita terutama kesehatan. Terima kasih kepada partner Mal Pekanbaru karena aktif dalam kegiatan ini. Aksi ini sendiri untuk menyadari pentingnya donor darah bagi kemanusian, menyelamatkan hidup sasama. Oleh sebab itu Kita akan mendukung semua aksi sosial yang bermanfaat bagi orang banyak," ungkapny.

 

Dalam megiatan donor darah ini turut dihadiri Asisten III Setda Kota Pekanbaru, Masykur Tarmizi, Ketua PMI Pekanbaru, M Noer MBS, Asisten I Setda Kota Pekanbaru Syoffaizal, Direktur Eka Hospital Pekanbaru dr. Elizabeth, Kadiv Marketing RS Eka Hospital Pekanbaru Mohd Fikri Sulthoni dan juga management dari Mal Pekanbaru.