KM Bintang Surya Bawa Barang dari Singapura Terbakar di Kepri, Kapten Kapal Tewas

Kapal-Dumai-Line3.jpg
(Dok Polda Kepri)


RIAU ONLINE, BATAM - Kapal Kapal KM Bintang Surya terbakar hebat di perairan dekat Pulau Nipah, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau (Kepri), Minggu, 12 Juni 2022. Kapten kapal menjadi korban meninggal dunia dalam insiden itu.

Danlanal TBK Letkol Laut (P) Joko Santoso mengatakan kapal KM Bintang berangkat dari Singapura akan kembali ke Tanjung Balai Karimun.

"Saat itu kapal membawa barang-barang berupa asbes dan juga drum plastik," katanya.

Kapal nahas itu sedang lego jangkar. Kebakaran kapal itu berhasil dipadamkan pada pukul 08.45 WIB setelah KN Pulau Dana dikerahkan untuk melakukan pemadaman api.

"Kebetulan kita punya peralatan fire fighting sehingga bisa melakukan aksi pemadaman," kata Kabag Humas Bakamla RI, Kolonel Bakamla Dr Wisnu Pramandita, seperti dilansir dari Batamnews.co.id, jaringan RIAUONLINE.CO.ID.

Kobaran api yang menyala membakar seluruh badan kapal kargo bermuatan barang kelontong itu. Menurut data dari Lanal Tanjung Balai Karimun, terdapat 18 orang anak buah kapal (ABK) di atas KM Bintang Surya.

 

 


Kapten kapal yang menjadi korban tewas, Abdul Jamal sebelumnya berhasil dievakuasi dari kebakaran kapal, namun nyawanya tak tertolong setelah tidak sadarkan diri.

Saat kapal terbakar, korban merupakan orang terakhir yang keluar dari kapal. Korban, sempat mengirim broadcast pemberitahuan dan meminta pertolongan.

Asap tebal akibat kapal yang terbakar membuat korban lemas. Namun, ia sempat menyelamatkan diri.

"Korban tidak terselamatkan setelah mendapat pertolongan, karena ia orang terakhir yang keluar dari kapal karena mengirim broadcast terlebih dahulu," ujar Danlanal.

Sementara, 17 orang lainnya dinyatakan selamat setelah berhasil menyelamatkan diri dan dievakuasi oleh KRI LDG-632.

 

 

Sebanyak 17 orang dilaporkan selamat yakni Kho Seng Koi, Suhami, Abdul Malik, Kamsani, Ibrahim bin Mahadar, Muhamad Adam, Kamarudin, Muslim, Ulin Saputra, Zulkifli, Teo Chong Meng, Raja Mohammad, Sumardi Yono, Tjan Liang Hen, Ije Kik No, Tan Kim Cuan.

Pada pukul 09.15 WIB rombongan mobil ambulans yang membawa para korban kebakaran KM Bintang Surya bergerak menuju RSUD HM Sani, Karimun.

Saat ini, korban selamat dan yang meninggal telah dievakuasi oleh tim dari KRI dan Lanal TBK, yang juga dibantu dari Polairud Polres Karimun, Basarnas, Bea dan Cukai dan Bakamla.