Aksi Kemlu Panggil Dubes Inggris karena Kibarkan Bendera LGBT Diapresiasi

Bendera-LGBT-di-Dubes-Inggris.jpg
((Instagram/@ukinindonesia))

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Kementerian Luar Negeri RI memanggil Duta Besar Inggris untuk Indonesia terkait pengibaran bendera simbol LGBT.

Pemanggilan itu diapresiasi Guru Besar Hukum Internasional UI Hikmahanto Juwana.

"Tindakan Kemlu merupakan tindakan yang tepat sebagai langkah yang berlaku dalam tata krama diplomatik," ujar Hikmahanto Juwana dalam keterangan pers, hari ini.

Kemlu telah memanggil (summon) Dubes Inggris untuk Indonesia untuk melakukan klarifikasi buntut dari pengibaran bendera simbol LGBT di Kedubes Inggris, kata dia.


Dalam kesempatan tersebut Kemlu tidak saja mendengar klarifikasi yang disampaikan tetapi juga memperingatkan Dubes Inggris untuk menghormati nilai-nilai negara penerima.

"Harapan dari Kemlu sebagai representasi negara Indonesia di tahun-tahun mendatang Kedubes Inggris tidak mengulang kembali pengibaran bendera LGBT," kata Rektor Universitas Jenderal A Yani dikutip dari suara.com

Pasca pemanggilan oleh Kemlu, akan lebih bijak bila Dubes Inggris menyampaikan permintaan maaf secara terbuka kepada masyarakat Indonesia, menurutnya.

Tujuannya agar hubungan Indonesia Inggris bisa kembali normal pasca pengibaran bendera LGBT di mata masyarakat Indonesia, kata dia.