Viral Ibu Melahirkan di Jalan, Begini Kronologinya

Video-Ibu-Melahirkan-di-Jalan.jpg
(Jatim Now/Kumparan)


RIAU ONLINE, PROBOLINGGO - Seorang ibu hamil di Probolinggo melahirkan di jalan viral setelah videonya diunggah salah satu anggota grup Facebook Lipuran D6 dengan akun facebook Rayhan Wilzy pada Selasa (10/5/2022).

Diketahui, ibu bernama Susmiati (32) itu warga Dusun Tunggengan, RT 16/RW 02 Desa Wedusan, Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo.

Peristiwa itu telah dibenarkan oleh Kepala Puskesmas Tiris Agus Setiawan. Agus mengatakan, Susmiati melahirkan dalam perjalanan menuju Puskesmas, Senin, 9 Mei 2022.

"Iya, ibu itu melahirkan di jalan desa saat hendak menuju ke Puskesmas Tiris untuk persalinan. Ibu ini melahirkan anak ketiganya dengan jenis kelamin perempuan," ungkap Agus saat dihubungi Jatimnow.com, seperti dilansir RIAUONLINE.CO.ID dari Kumparan.com, Kamis, 12 Mei 2022.

Dari rumah, Susmiati ditandu dengan dipan saat perjalanan. Sejumlah warga turut menggotongnya kerana akses jalan dari rumahnya tidak bisa dilalui jalur kendaraan roda empat.


"Selain licin, kondisi jalannya sempit. Sehingga ia harus ditandu," jelasnya.

Tapi di tengah perjalanan, Susmiati sudah melahirkan. Beruntung, proses melahirkannya dibantu seorang dukun beranak.

"Memang jaraknya cukup jauh. Sehingga membutuhkan waktu cukup lama dari rumahnya," tegas Agus.

Susmiati, kata Agus, telah memeriksakan diri ke bidan desa selama masa kehamilan. Bahkan, nakes sudah memberikan informasi jika mendekati kelahiran disarankan untuk menempati rumah keluarganya yang ada di dekat Puskesmas Tiris.

"Kami sudah menginfokan soal itu," ungkapnya.

Dengan adanya informasi adanya ibu hamil yang melahirkan di jalan desa, petugas nakes sudah mendatangi rumahnya dan langsung melakukan penangan medis.

"Untuk saat ini kondisi ibu dan anaknya baik baik saja," tandasnya.