Opung Luhut Minta Tak Panik Hadapi Omicron: Sudah Vaksin Silakan Jalan-jalan

Luhut8.jpg
((Suara.com/Dwi Bowo Raharjo))

RIAU ONLINE, JAKARTA-Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan meminta masyarakat untuk tidak panik berlebihan dengan lonjakan pandemi Covid-19 akibat varian Omicron, bahkan warga boleh terus jalan-jalan ke mal.

Koordinator PPKM Jawa-Bali ini mengatakan berdasarkan data orang yang sudah divaksin Covid-19 jika terpapar varian Omicron maka akan bergejala ringan atau bahkan tanpa gejala, sehingga akan tetap aman tidak meninggal dunia.

"Kalau sudah divaksin dua kali apalagi sudah booster, dengan prokes yang ketat, silakan saja jalan-jalan ke mana, masuk ke mal segala macem. Gunakan Pedulilindungi dan seterusnya," kata Luhut dalam jumpa pers, Senin (14/2/2022).


Dia juga meminta warga untuk melakukan tes swab antigen atau tes swab PCR secara berkala jika muncul gejala Covid-19 agar bisa segera melakukan isolasi atau dirawat di rumah sakit tergantung kondisi.

"Kemudian sekali-kali PCR atau antigen untuk memeriksa kalau ada simptom (gejala) di dirinya," ucapnya dikutip dari suara.com

Menurutnya, warga tidak perlu khawatir berlebihan karena data pasien Covid-19 yang memerlukan perawatan di rumah sakit masih sedikit dan jumlah pasien yang meninggal tidak sebanyak lonjakan delta tahun lalu.

"Jangan melihat ini ratusan (meninggal), sepertinya besar kali, tidak ada, anda bisa lihat rumah sakit, juga tidak ada kekhawatiran yang berlebihan," tegas Luhut.