Daftar 5 Universitas Swasta Termahal di Indonesia, Fasilitasnya Seabrek!

Kampus-UPH.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Sejumlah universitas menetapkan biaya di atas rata-rata seiring fasilitas dan program yang ditawarkan.

Beberapa kampus di antara perguruan tinggi tersebut menjadi salah satu universitas termahal di Indonesia.

Universitas swasta termahal tersebut di antaranya dilengkapi pusat olahraga, pusat kegiatan mahasiswa, perpustakaan, dan fasilitas lain dengan kualitas ciamik.

Nah, ini 5 universitas swasta termahal di Indonesia yang dirangkum detikEdu dari laman masing-masing kampus.

Universitas swasta termahal di Indonesia dan fasilitasnya

1. Universitas Trisakti
Universtas Trisakti berdiri di Jakarta sejak 1965. Sejumlah fakultas di Universitas Trisakti di antaranya Fakultas Kedokteran Umum, Hukum, Kedokteran Gigi, Teknologi Kebumian dan Energi, Ekonomi, Arsitektur Lansekap dan Teknologi Lingkungan, Fakultas Seni Rupa dan Desain, Teknik Sipil dan Perencanaan, Teknik Industri, dan Teknologi Kebumian dan Energi.

Fasilitas di kampus Universitas Trisakti di antaranya yaitu perpustakaan kampus dan perpustakaan fakultas serta jurusan, laboratorium dan studio, pusat penelitian, poliklinik, bus kampus, dan lain-lain.

Biaya kuliah Universitas Trisakti di antaranya:
- Biaya Sumbangan Pengembangan (SP) Rp 14 juta - Rp 130 juta sesuai prodi
- Biaya kuliah semester pertama Rp 33,4 juta - Rp 332,3 juta sesuai prodi, terdiri dari biaya pokok semester, biaya tambahan per SKS, biaya SKS, dan biaya praktikum

Biaya kuliah Universitas Trisakti sampai lulus yaitu sekitar Rp 131,3 juta - Rp 606 juta. Angka ini menjadikan Universitas Trisakti jadi salah satu universitas swasta termahal di Indonesia.

2. Swiss German University
Swiss German University (SGU) adalah universitas internasional di Indonesia yang terletak di Tangerang, Banten. Kampus ini dibentuk atas kerja sama Indonesia, Jerman, Swiss, dan Austria. Mahasiswa SGU bisa menjalani magang semester 3 di Indonesia dan semester 6 di Jerman atau negara lainnya dikutip dari detik.com

Fasilitas SGU di antaranya fitness & gym, lapangan indoor badminton, tenis, dan futsal, lapangan squash, kolam renang ukuran olimpiade, whirpool, trek jogging, tenis meja, dan sauna serta area shower panas dan dingin.

SGU juga menyediakan layanan antar jemput dengan shuttle bus di area Kubikahomy, Giant BSD, dan the Prominence Tower.

Biaya kuliah Swiss German University program S1 per 2021, di antaranya:


- Biaya Confirmation Fee sebesar Rp 10 juta dan Development Fee Rp 58,5 juta.

- Uang kuliah sebesar Rp 27,5 juta - Rp 30 juta per semester termasuk jaket kampus, biaya masa orientasi, dan asuransi jiwa.

Khusus mahasiswa Double Degree Program, uang kuliah 3.850 - 4.750 euro (Rp 65,7 juta - Rp 81,1 juta). Khusus mahasiswa International Culinary Business, Double Degree Program, uang kuliah CHF 29.850 atau Rp 471 juta per semester yang mencakup entry visa, asuransi jiwa, biaya pendaftaran ke kampus mitra, cooperation and examination.

3. Universitas Pelita Harapan
Universitas Pelita Harapan (UPH) memiliki beragam prodi, mulai dari Arsitektur, Bioteknologi, Matematika Terapan dan Aktuaria, Edukasi, Pengelolaan Perhotelab, Teknik Industri, Hubungan Internasional, Desain Produk, Industri Perjalanan dan Pariwisata, Desain Komunikasi Visual, dan lain-lain.

UPH dilengkapi dengan UPH Clinic, Hope Counseling & Assesment Center, gym, kolam renang, lapangan sepak bola, lapangan badminton, lapangan futsal, fasilitas biliar, dan lapangan basket.

Biaya kuliah Universitas Pelita Harapan S1 di antaranya:

- Biaya kuliah semester pertama Rp 41,6 juta -Rp 171,75 juta sesuai prodi, terdiri dari Admission Fee, Credit Fee, Semester/Term Fee, biaya Learning Facilities, biaya jaket, dan biaya orientasi.

- Biaya kuliah UPH mulai semester 2 Rp 12,6 juta - Rp 50,75 juta per semester, terdiri dari Semester Fee, Credit Fee. Khusus mahasiswa prodi Kedokteran dikenakan tambahan biaya Re-Registration Fee.

Total biaya kuliah UPH hingga semester akhir berkisar dari Rp 179,95 - Rp 697 juta.

4. President University
President University menggunakan bahasa pengantar bahasa Inggris. Kampus di Jababeka, Cikarang, ini memiliki Student Exchange Program ke 53 universitas mitra di luar negeri, mulai dari India hingga Eropa.

Fasilitas President University di antaranya President Executive Club, Jababeka Golf and Country Club, kolam renang ukuran olimpiade, lapangan tenis, sepak bola, basket, auditorium, laboratorium, Jababeka Convention Center, dan layanan rawat inap dan rawat jalan gratis di President University Medical Center.

President University memiliki Program Magang Kerja 1-2 semester dan Penempatan Kerja yang dikelola Internship & Career Center (ICC).

Biaya kuliah President University per tahun 2017 di antaranya:

- Uang kuliah Rp 30 juta per semester atau Rp 300 juta untuk satu masa perkuliahan (10 semester).

- Biaya program matrikulasi dan masa orientasi studi Rp 5 juta dan uang pembangunan Rp10 juta.

- Biaya asrama President University Rp 5,8 juta per semester (4 bulan) atau Rp 16,6 juta per tahun dengan peraturan wajib asrama di tahun pertama

- Biaya pelatihan TOEIC Rp 2,5 juta.

5. Binus University
Binus University menempati peringkat universitas terbaik di Indonesia urutan ke-8 dan peringkat pertama universitas swasta terbaik Indonesia versi QS World University Rankings 2022.

Binus University memiliki kampus di sejumlah kota besar Indonesia, seperti Binus @Greater Jakarta, Binus @Malang, dan Binus @Bandung.

Fasilitas Binus University Kampus Syahdan Jakarta di antaranya yaitu perpustakaan dalam dan luar ruang, food court, wall climbing, lab resto and kitchen, mockup room seperti kamar hotel JW Marriot untuk jurusan Hotel Management, dan layanan karier, relasi alumni, serta pengembangan bisnis.

Biaya kuliah Binus University tahun ajaran 2022-2023 di antaranya sebagai berikut:
- Uang kuliah, dengan uang kuliah semester pertama Rp 18,7 juta - Rp 25,2 juta sesuai prodi

- Biaya lab Rp 1,75 juta - Rp 4,25 juta sesuai prodi dan biaya peralatan Rp9,5 juta. Khusus mahasiswa kampus Binus Greater Jakarta dikenakan biaya laboratorium mulai dari semester 1-4.

- Biaya Sumbangan (DP3) Rp 35 juta - Rp 45 juta