Bayi Dua Kepala Satu Tubuh Lahir di RSUD dr Soeselo, Lihat Kondisinya!

bayi-kembar-siam.jpg
([Suara.com/F Firdaus])

RIAU ONLINE, SEMARANG-Bayi dengan dua kepala tapi satu tubuh berkelamin perempuan lahir di RSUD dr Soeselo, Kabupaten Tegal. 

Bayi itu merupakan anak pasangan ‎Mudirah (33) dan Rojikin (36), warga Desa Balaradin, Kecamatan Lebaksiu, Kabupaten Tegal.

Wakil Direktur Pelayanan RSUD dr Soeselo, Titis Cahyaningsih mengungkapkan, bayi kembar siam tersebut dilahirkan pada Jumat (20/8/2021) malam sekitar pukul 23.15 WIB.

‎"Awalnya dirujuk oleh bidan dari Puskemas Kambangan tadi malam jam 20.00, kemudian diputuskan untuk dilahirkan dengan operasi sesar," kata Titis, Sabtu (21/8/2021).

‎Saat dilahirkan, bayi yang belum diberi nama itu memiliki panjang 3,3 kilogram dan panjang 46 sentimeter. Setelah dilahirkan, bayi langsung dirawat di ruang perinatologi risiko tinggi.


"‎Kondisi ibunya baik. Kalau bayinya keadaanya agak kurang baik karena dua kepala satu tubuh. Organ-organnya di dalamnya satu," ungkap Titis.

Menurut Titis, bayi tersebut masih dalam perawatan intensif. Dokter yang merawat rencananya juga akan merujuk ke RSUP dr Karyadi, Semarang.

"Dokter spesialis anak yang merawat memutuskan untuk merujuk bayi ini ke RS Karyadi untuk mendapatkan perawatan yang lebih komprehensif sehubungan dengan keadaannya yang kembar siam tadi. Kalau kondisinya sudah stabil dan proses rujukan antar rumah sakit sudah siap, kami rujuk," jelasnya dikutip dari suara.com

Titis mengatakan, kondisi bayi yang kembar siam thoracopagus tersebut sebelumnya sudah diketahui saat usia kehamilan ‎sang ibu mencapai 34 minggu.

"Ibunya saat masih mengandung sudah periksa ke tiga dokter kandungan, semua menyatakan kembar siam," ujarnya.