Pembuat Mural Jokowi 404:Not Found di Batuceper Diburu Polisi

Mural-Jokowi-404-Not-Found.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Polisi memburu pembuat mural 'Jokowi 404: Not Found'. Langkah polisi mencari pembuat mural didasari oleh pengertian bahwa presiden adalah lambang negara.

"Tetap dilidik (selidiki) itu perbuatan siapa. Karena bagaimanapun, itu kan lambang negara, ya," kata Kasubbag Humas Polres Tangerang Kota Kompol Abdul Rachim saat dihubungi wartawan, Jumat 13 Agustus 2021.

Menurut Rachim, tindakan pembuatan mural itu dianggap menghina Presiden Jokowi. Untuk itu, Rachim mengatakan pihaknya akan jemput bola dalam mengungkap pelaku.

"Banyak yang tanya tindakan aparat apa? Presiden itu panglima tertinggi TNI-Polri, itu lambang negara. Kalau kita sebagai orang Indonesia, mau pimpinan negara digituin? Jangan dari sisi yang lain kalau orang punya jiwa nasionalis," terang Rachim.


Kondisi before-after mural 'Jokowi 404: Not Found' (dok.istimewa)

Kondisi before-after mural 'Jokowi 404: Not Found' (dok.istimewa)Kondisi before-after mural 'Jokowi 404: Not Found' (Foto: dok. Istimewa)

Mural dengan tampilan wajah mirip Presiden Jokowi dengan tulisan di mata '404: Not Found' ada di Batuceper, Kota Tangerang, Banten.

Hingga kini, polisi belum mengetahui siapa pembuat mural itu. Sejumlah saksi sudah dimintai keterangan. Mural sudah ada sejak beberapa hari lalu dikutip dari detik.com

"Sudah tiga atau empat hari lalu, ya. Jadi Kapolsek, dari pihak Kecamatan, terus Koramil sudah menghapus itu," kata Rachim.

Kini, mural itu sudah dihapus polisi dan jajaran aparat. Cara menghapusnya dengan menutup mural itu memakai cat warna hitam.