Satgas Covid-19 Soroti Peningkatan Kasus di Sumatera, Pekanbaru Zona Merah

Doni-Monardo2.jpg
(BNPB)

RIAUONLINE - Kasus Corona di Pulau Sumatera menjadi sorotan Satgas Covid-19. Pasalnya, hampir wilayahnya berada pada zona oranye dan merah.

Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo mengatakan, kenaikan terjadi dalam satu bulan terakhir dan masih terus meningkat.

"Yang perlu kita cermati adalah Pulau Sumatera dalam posisi hampir semuanya berada pada zona oranye dan merah, relatif meningkat selama satu bulan terakhir ini," kata Doni, Senin (17/5/2021).

Doni menginstruksikan pemerintah daerah bersama Satgas Covid-19 setempat untuk segera melakukan penguatan 3T, yaitu testing, tracing, dan treatment terhadap kontak erat pasien positif Covid-19.


Selain itu, ia juga meminta masyarakat meningkatkan disiplin protokol kesehatan.

"Kita berharap kesadaran kolektif dari seluruh komponen masyarakat untuk bisa mengontrol diri masing-masing, jangan sampai kita menyesal di kemudian hari," tegasnya.

Diketahui, 8 dari 12 kabupaten/kota zona merah terdapat di Sumatera, yaitu Sumatera Utara: Deli Serdang, Sumatera Selatan: Kota Palembang, Sumatera Barat: Agam, Tanah Datar, Lima Puluh Kota, Riau: Kota Pekanbaru, Rokan Hulu, dan Jambi: Batang Hari.

Sementar empat kabupaten/kota zona merah lainnya terdapat di Nusa Tenggara Timur: Lembata, Sumba Timur; Jawa Barat: Majalengka, dan Bali: Tabanan.

Artikel ini sudah terbit di SUARA.COM