5 Tips Sehat Bagi Ibu Hamil Saat Pendemi

Ibu-Hamil4.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE - Memiliki anak menjadi impian banyak pasangan setelah menikah. Hanya saja, hamil dan mengandung di tengah pandemi Covid-19 bisa menjadi tantangan tersendiri.

Dikutip dari NDTV, berikut ini lima tips menghadapi kehamilan di tengah pandemi Covid-19 yang bisa diterapkan selama mengandung si jabang bayi.

1. Konsumsi makanan dan minuman yang tepat

Ibu hamil diminta rutin mengonsumsi buah-buahan segar dan juga sayuran hijau yang mengandung vitamin dan serat esensial. Selain itu, konsumsi juga biji-bijian seperti quinoa, oatmeal, roti gandum, dan beras merah. Untuk minuman, coba konsumsi susu rendah lemak dan susu kedelai.

2. Tingkatkan kekebalan tubuh


Ibu hamil perlu berhati-hati selama masa kehamilan mereka terutama di masa pandemi Covid-19. Karena itu, perlu tingkatkan kekebalan tubuh setiap hari, dengan mengonsumsi suplemen zat besi, kalsium, vitamin C, D, dan E. tidak hanya itu, konsumsi cairan yang sehat seperti air kelapa, jeruk nipis, dan mengonsumsi buah-buahan juga sangat disarankan.

3. Menambah berat badan selama kehamilan adalah normal

Menambah berat badan yang sehat selama masa kehamilan adalah hal yang normal. Hal ini dapat membantu dan memudahkan ibu hamil saat melahirkan. Selain itu, ibu hamil juga dapat menurunkan risiko obesitas pada anaknya. Namun perlu hati-hati, berat badan yang berlebihan bisa menyebabkan masalah kesehatan besar. Seperti diabetes dan tekanan darah tinggi.

4. Lakukan aktivitas fisik

Melakukan aktivitas fisik secara teratur bisa mengurangi risiko komplikasi selama masa kehamilan. Aktivitas fisik ini juga dapat menurunkan penyakit nyeri punggung. Tapi perlu konsultasi juga dengan dokter kandungan Anda, sebelum melakukan aktivitas fisik.

5. Jaga kebersihan diri dan lingkungan

Bagi ibu hamil perlu menjaga kebersihan diri. Seperti cuci tangan secara teratur. Pastikan juga rumah juga bersih dan bebas dari kotoran. Tidak hanya itu, kesehatan fisik dan emosional juga perlu, dan beri jadwal yang tepat untuk pola tidur secara sehat.

Artikel ini sudah tayang di SUARA.COM