Pemerintah Jamin Pendidikan Anak ABK KRI Nanggala 402 hingga Sarjana

Jokowi6.jpg
(Setpres)

RIAU ONLINE, JAKARTA – Presiden Republik Indonesia, Jokowi dalam Agenda Keterangan Pers Presiden R1 terkait Gugurnya Prajurit KRI Nanggala yang ditayangkan channel youtube Sekretariat Presiden duka cita mendalam atas gugurnya 53 Anggota TNI Angkatan Laut di KRI Nanggala 402 dalam melaksanakan tugas.

“Mereka adalah putra-putra terbaik bangsa. Pengabdiannya akan terpatri di sanubari seluruh rakyat Indonesia. Semoga arwah prajurit mendapatkan tempat terbaik di sisi Tuhan Yang Maha Esa serta keluarga yang ditinggalkan diberikan keihkhlasan, kesabaran, dan ketabahan,” jelasnya dalam streaming sekitar pukul 12.23 WIB, Senin, 24 April 2021.

Lebih lanjut, Jokowi menyampaikan, negara akan memberikan penghargaan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi, serta bintang jasa jalasena atas dedikasi pengabdian serta pengorbanan prajurit-prajurit terbaik tersebut.


“Selain itu, pemerintah juga akan menjamin pendidikan putra-putri dari para prajurit KRI Nanggala 402 hingga jenjang pendidikan S1,” terangnya.

Dilansir dari kompas.com, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengumumkan bahwa semua awak KRI Nanggala 402 yang berjumlah 53 orang dipastikan gugur. Ia menyampaikan, telah diperoleh citra yang telah dikonfirmasi sebagai bagian KRI Nanggala 402 meliputi kemudi vertikal belakang, jangkar, bagian luar badan tekan, kemudi selam timbul, bagian kapal yang lain termasuk baju keselamatan awak kapal NK-11.

Ia melanjutkan, berdasarkan bukti-bukti otentik tersebut, dapat dinyatakan bahwa KRI Nanggala 402 telah tenggelam dan semua awaknya telah gugur.

“Semoga kami dapat meneruskan perjuangan paripurna saudara-saudara sebagai prajurit terntara terbaik Indonesia,” pungkasnya.