Cinta Pada Pandangan Pertama, Murid Pacari dan Akhirnya Nikahi Gurunya

Jamal-dan-Ayu-Wulandari-Kasin.jpg
(Besse Ayu Wulandari Kasin)

RIAU ONLINE, MAKASSAR-Jatuh cinta pada pandangan pertama mungkin kata yang tepat menggambarkan hubungan Besse Ayu Wulandari Kasin (23) dan Jamal (29). Hubugan antara murid dan guru ini pun melangkah hingga pelaminan.

Kisah pasangan asal Wajo, Sulawesi Selatan, ini pun viral karena dianggap unik.

Jalinan kisah mereka berawal dari di SMAN 4 Wajo. Kalau itu Ayu merupakan seroang murid kelas 3 di SMAN 4 Wajo, Sulsel. Sementara itu, Jamal masih menjadi guru baru dan honorer. 

Ayu tak sengaja membagikan kisahnya itu melalui media sosial TikTok sekitar satu bulan yang lalu. Entah mengapa, video itu tersebar ke sejumlah platform hingga kemudian dibicarakan oleh netizen. 

"Tiba-tiba ada teman yang kirim via WhatsApp, katanya video aku di-screenshot-in di akun Instagram, lama-lama banyak yang tag," ucap Ayu kepada kumparan, Rabu 15 Juli 2020.

Nama Jamal menjadi perbincangan di sekolahnya karena guru baru. Ayu awalnya ngefans dengan Jamal sebab parasnya yang mirip dengan salah satu peserta Dangdut Academy, Rizki Ridho. Tak hanya Ayu, sejumlah anak lain pun mengidolakan guru Teknik Informatika itu. 

"Dia ke sekolah naik motor Ninja warna merah, dikatain Boy Boy karena waktu itu sedang booming sinetron Anak Jalanan," kenang Ayu. 

Pertemuan keduanya berawal dari kelas Bahasa Inggris. Pada saat itu, laptop yang digunakan oleh guru Bahasa Inggris saat pembelajaran rusak. Hingga kemudian, guru pengampu itu meminta bantuan untuk memanggil Jamal. 

"Pas Pak Jamal masuk, satu kelas bilang cie, terus dia salah tingkah, saya sembunyi di kolong meja, muka dia merah sampai lupa mengapa dia dipanggil ke kelas," imbuhnya. 

Setelah insiden itu, Ayu minta maaf kepada Jamal atas apa yang terjadi di dalam kelas melalui Facebook. Dari situlah keduanya mulai sering komunikasi. Hingga akhirnya, Jamal cerita soal masa lalunya yang ditinggal menikah setelah menjalin hubungan tujuh tahun dengan mantan kekasihnya. 

"September 2014 dekat, pada Oktober dia ditinggal nikah, dia curhat. Saya prihatin juga. Mulai dari situ saya juga curhat," tambahnya. 
Ayu juga sempat mengajak Jamal untuk rekreasi bersama untuk merayakan kelulusan di sebuah air terjun di Wajo. 

"Saya menganggap cuma sampai di sini karena saya kuliah di Makassar, enam jam dari kampung (Wajo). Dia juga ngajar juga," kata Ayu. 

Semenjak lulus hingga 2017, keduanya jarang berkomunikasi. Meski begitu, ketika Jamal berkunjung ke Makassar, keduanya sempat bertemu dan makan bersama. 

"Akhir 2017, saya ditelepon ibu katanya mau ada yang ngelamar, ibu bilang Jamal. Saya terserah orang tua," tambah Ayu. 

Ayu akhirnya mengiyakan lamaran Jamal. Ia menikah pada libur semester 5, yakni 6 Juli 2018. Ia sempat mendapatkan komentar negatif karena status Jamal yang masih menjadi tenaga honorer. 

"Katanya kenapa masih honor, enggak menjamin, kayak sakit (hati). Cuma berdoa saling menyemangati masa depan masih bisa," kenangnya. 

Seminggu setelah menikah, Ayu dinyatakan positif hamil. Pada saat itu juga, Jamal juga mendaftar sebagai guru CPNS. Hingga enam bulan kemudian, ia diterima sebagai CPNS. 

"Yang dulu komentar negatif akhirnya bilang wah itu rezeki anakmu," pungkasnya.

Artikel ini sudah terbit di Kumparan.com