Putra Papua yang Viral Makan Nasi Putih Lauk Tahu Lulus jadi Prajurit TNI

Yusuf-Wonda.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, PAPUA-Kabar bahagia datang dari Yusuf Wonda. Yusuf akhirnya lulus jadi prajurit TNI AD setelah kisahnya viral saat makan nasi putih lauk tahu saat ikuti tes ujian masuk tentara. Video perjuangan saat Yusuf Wonda mendaftar TNI viral di media sosial seperti Instagram dan YouTube.

Dalam video itu, terlihat Yusuf sedang makan bekalnya. Diketahui, video itu diambil di Korem 172/Praja Wira Yakthi (PWY) Jayapura yang berada di bawah komando Kodam XVII/Cenderawasih.

Video tersebut tampaknya diambil oleh seorang personel TNI yang ada di Korem. Yusuf Yonda jadi perhatian lantaran saat teman-teman lainnya makan di kantin ketika istirahat, ia makan sendirian di pelataran Makorem.

"Lauknya cuma nasi sama tahu saja itu?" ujar personel TNI yang mengambil gambar dalam video yang viral tersebut.

"Siap, karena buru-buru," jawab Yusuf kepada pengawas tersebut sambil tersenyum.

 


Yusuf Wonda

Yusuf WondaYusuf Wonda hanya berbekal nasi lauk tahu saat pendaftaran TNI. (Dok Dispen TNI AD).

"Tidak apa-apa. Bersakit-sakit dahulu," kata pengawas tersebut.

"Bersenang-senang kemudian," timpal Yusuf. Si pengawas kemudian mendoakan agar Yusuf Wonda bisa lulus melewati tahapan ujian dan menjadi prajurit TNI seperti yang dicita-citakannya. 

Pemuda kelahiran Kampung Nawa Mulia Distrik Napsi Kabupaten Jayapura ini dalam video tersebut juga ditanya sedikit soal latar belakangnya. Ia mengungkap kakaknya yang lelaki bekerja sebagai cleaning service, sementara kakaknya yang perempuan menjadi seorang pelayan gereja yakni suster biara. Ia juga menyatakan menjadi prajurit TNI merupakan cita-citanya sejak kecil.

Ternyata meski dalam keterbatasan ekonomi, mimpinya menjadi prajurit TNI AD akhirnya terwujud. Ia dinyatakan lolos untuk mengikuti pendidikan Sekolah Calon Tamtama Prajurit Karier (Secata PK) TNI AD Gelombang I TA. 2020 di Rindam XVII/Cenderawasih.

"Sebelumnya, pada akhir bulan Mei tepatnya 31 Mei 2020, Yusuf Wonda dan rekan-rekannya dinyatakan lulus mengikuti rangkaian seleksi di Sub Panda Jayapura, melalui sidang yang dipimpin oleh Danrem 172/PWY Kolonel Inf J. Binsar Parluhutan," ungkap Kapenrem 172/PWY Mayor Chk Eka Yudha K seperti dalam keterangan Dispen TNI AD, Sabtu 30 Mei 2020.

Yusuf Wonda akan mengikuti pendidikan Tamtama PK TNI AD di Rindam Cenderawasih yang akan dibuka pada 8 Juni mendatang. Yusuf pun menyatakan bersyukur atas jalan baik yang diberikan Tuhan untuk dia.

"Puji Tuhan, telah memberikan jalan yang terbaik, sehingga saya diberikan kelulusan untuk mengikuti pendidikan dan menjadi seorang prajurit TNI AD," jelasnya.

Artikel ini sudah terbit di Detik.com