Ronaldo dan Messi "Jatuh" Miskin Gegara Covid-19, Federer jadi Atlet Terkaya

Messi-dan-Ronaldo.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, NEW YORK-Gegara corona, dua atlet terkaya di dunia 'jatuh' miskin. Ronaldo dan Messi terpaksa merelakan posisinya kepada Roger Federer. Roger yang dikenal sebagai pertenis mumpuni menempati posisi pertama dengan harta Rp 1,56 triliun.

Dalam daftar terbaru atlet terkaya yang dikeluarkan Forbes, Jumat 29 Mei 2020, Ronaldo cuma ada di posisi kedua dengan 105 juta dolar AS atau sekitar Rp 1,54 triliun.

Sementara, Lionel Messi duduk di posisi ketiga dengan 104 juta dolar AS atau sekitar Rp 1,527 triliun. 

Fakta yang cukup mengejutkan mengingat Ronaldo dan Messi selalu bergantian menguasai daftar tersebut. Meski demikian, hal tersebut sudah diprediksi karena teror COVID-19 yang membuat perekonomian terganggu.

Roger Federer set for 1,500th match


Federer AFP

Gara-gara pandemi itu, liga-liga sepakbola di seluruh dunia terhenti sehingga klub-klub tidak punya pemasukan sehingga harus memotong gaji pemainnya. Ronaldo dan Messi masuk dalam daftar tersebut.

Ronaldo bahkan jadi pemain Juventus paling besar pemotongan gajinya sekitar 9,1 juta euro, sehingga cuma mendapat 21 juta euro dari seharusnya 30 juta euro per musimnya.

Sementara, Messi terhitung paling besar karena dipotong sekitar 70 persen dari total gajinya yang mencapai 40 juta euro. Klubnya Barcelona memang sangat terdampak COVID-19 karena punya tagihan gaji pemain yang tinggi.

"Pandemi virus corona sudah membuat gaji pesepakbola top seperti Messi dan Ronaldo dipotong, sehingga petenis top bisa jadi atlet terkaya dunia untuk pertama kalinya," ujar editor senior Forbes Kurt Badenhausen seperti dikuti Sky Sports.

"Roger Federer adalah figur sempurna untuk sebuah perusahaan, sehingga petenis hebat sepertinya bisa mendapat endorsement sekitar 100 juta dolar AS per tahun," sambungnya.

Artikel ini sudah terbit di Detik.com