Cacing Tanah "Kepung" Kota Solo, Menghilang saat Siang Hari

Cacing-keluar-dari-tanah-di-Solo.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, SOLO-Ribuan cacing tanah keluar dari tanah di beberapa titik di Kota Solo. Dikutip dari laman Solopos.com--jaringan Suara.com--, Minggu 19 April 2020, cacing-cacing itu keluar pada pagi hari dan merayap di permukaan sebelum akhirnya mati. Ratusan lainnya kembali ke tanah.

Warga Kelurahan Jagalan, Kecamatan Jebres, Riri Anwari, mengaku cacing tersebut muncul pada Jumat 17 April 2020 sekitar pukul 05.30 WIB. Di wilayahnya, dia melihat puluhan cacing. Tapi itu dirasa aneh, tidak biasa.

“Sebagian saya sapu ke bawah pohon mangga, sebagian lagi mati. Menjelang siang, cacing-cacing itu sudah tidak ada. Sebenarnya tidak masalah, tapi anak-anak jijik karena merayap ke mana-mana. Daripada mereka heboh, saya bersihkan,” kata dia, Sabtu 18 April 2020.

Fenomena serupa juga muncul di Pasar Gede pada Sabtu sekitar pukul 05.30 WIB. Cacing itu keluar dari tanah di taman sebelah utara Pasar Gede Solo, lalu merayap hingga ke jalur pedestrian.

Ribuan Cacing Keluar dari Tanah Hingga Siang, Begini Penjelasan ...

Ratusan Cacing tanah keluar di kota Solo

Salah seorang pedagang di sekitar lokasi itu, Marsono Hadiwiyono, mengatakan cacing yang keluar mencapai ratusan ekor. Kalau dikumpulkan, kata dia, bisa satu ember penuh.

“Kalau dikumpulkan bisa satu ember kecil penuh. Saat saya lihat, langsung saya bersihkan karena takut pembeli jadi tidak nyaman karena saya jualan bakso,” kisahnya, Sabtu.

Marsono membersihkan cacing-cacing itu hingga pukul 08.00 WIB. Namun cacing-cacing masih keluar lagi beberapa ekor namun tak sebanyak sebelumnya.

Kejadian aneh itu juga diunggah oleh akun Instagram @ics__infocegatansolo yang mengunggah ulang video dari pengguna akun @mamad_tpf. Dari video itu tampak ratusan cacing keluar dari tanah dan merayap di jalur pedestrian hingga taman Pasar Gede Solo.

 

Viral Ribuan Cacing Keluar dari Tanah di Klaten dan Solo, Warganet ...

 

Ratusan Cacing tanah keluar di kota Solo


Beberapa bahkan bergerak sampai ke tepi Jl. Urip Sumoharjo. Komentar warganet di akun itu bervariasi, salah satunya mengaitkan dengan gerakan penyemprotan disinfektan sebagai langkah pencegahan persebaran virus corona.

"Gonmu cacinge dho metu ora?? Ribuan cacing lur...lokasi pasar gede," tulis pengelola akun @ics_infocegatansolo dalam keterangan di unggahan itu, Sabtu.

Spekulasi netizen

Fenomena tersebut memancing berbagai spekulasi dari netizen. Ada yang mengaitkan fenomena ribuan cacing keluar dari tanah di Solo tersebut dengan penyemprotan desinfektan yang masif dilakukan sebulan terakhir.

"Setelah berminggu-minggu sering kita melakukan penyemprotan, sisa penyemprotan yang menempel tersebut luruh terguyur oleh air hujan ditambah banyak tempat cuci tangan yang airnya terserap tanah. Jadilah cacing-cacing itu keluar dari tanah," komentar akun @annisaekasaputri.

Namun sebagian netizen lainnya mengaitkan cacing-cacing yang keluar dari tanah itu dengan fenomena alam yang lebih besar.

Mereka menduga-duga hal itu terkait pergerakan tanah atau pertanda gempa bumi. Namun belum ada penjelasan ilmiah yang membuktikan itu,

"Mungkin bisa jadi indikator akan terjadi gempa? Atau suhu di dalam tanah semakin panas makanya keluar, semoga tidak terjadi apa-apa atau terjadi hal-hal yang buruk lagi. Amin," tulis akun @samflaviio.

Artikel ini sudah terbit di Suara.com

-->