Jangan Lupa, Virus Covid-19 Itu Menyerang Paru-paru, Ini Daftar Makanan yang Bikin Paru Sehat

Ilustrasi-Makanan-untuk-Paru-Paru.jpg
((Shutterstock))

RIAU ONLINE, JAKARTA-Banyak yang lupa bahwa virus corona penyebab Covid-19 ini pertama kali menyerang sistem pernapasan, yaitu paru-paru. Untuk itu,selain melakukan social distancing, menjalani karantina diri, dan juga mencuci tangan secara rutin perlu juga menjaga kesehatan paru-paru.

Beruntung, kita bisa melakukannya dengan cara mengonsumsi makanan bernutrisi yang juga bisa membantu mencegah berbagai macam penyakit pernapasan selain Covid-19.

Dikutip dari Medical Daily pada Rabu 25 Maret 2020, berikut adalah lima makanan terbaik untuk kesehatan paru-paru Anda.

1. Apel

Apel kaya akan fitokimia yang bisa mengurangi inflamasi dan stres oksidatif, yang kemudian bisa meningkatkan fungsi dari organ pernapasan kita. Konsumsi apel secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya.

2. Sayuran berdaun hijau


Selain buah apel, sayur-sayuran berdaun hijau seperti bayam dan kale sangat kaya akan serat, mineral, antioksidan, dan vitamin yang mendukung kesehatan paru-paru kita.

3. Teh hijau


Jika ingin minuman hangat hari ini, cobalah seduh teh hijau yang kaya akan polifenol dan antioksidan yang diketahui dapat menekan pertumbuhan kanker paru dalam berbagai macam studi. Tambahan lagi, rutin minum teh hijau diketahui dapat menurunkan risiko terkena penyakit paru obstruktif kronis (PPOK).

4. Bawang putih

Anda juga bisa mencoba bawang putih yang memiliki khasiat anti inflamasi dan antioksidan, serta bisa membantu paru-paru melawan stres oksidatif. Juga diketahui bawang putih dapat menurunkan risiko terkena kanker paru di masa depan.

5. Ikan salmon

Ingin makanan laut? Ikan salmon membawa kabar baik untuk Anda karena ikan ini merupakan sumber terbaik dari asam lemak omega tiga yang berkhasiat sebagai antiinflamasi yang bisa menjaga paru-paru tetap sehat. Ikan salmon juga dikenal memiliki rasa yang lezat.

Artikel ini sudah terbit di Suara.com