Presiden Kekeuh Tak Mau Lockdown, Sebut yang Paling Pas Lakukan Hal Ini

Jokowi-di-Lokasi-pembibitan-pabrik-APR.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Presiden kekeuh tidak akan menerapkan lockdown baik skala kota atau negara walau penyebaran COVID-19 terurs terjadi. Dalam rapat terbatas bersama gubernur, Jokowi mengatakan opsi lockdown tak bisa samakan Indonesia dengan negara lain.


"Ada yang tanya kepada saya kenapa kebijakan lockdown tidak kita lakukan. Perlu saya sampaikan bahwa setiap negara memiliki karakter berbeda-beda, budaya berbeda, memiliki kedisiplinan berbeda. Oleh sebab itu kita tidak memilih jalan itu," ucap Jokowi dalam ratas online, Selasa 24 Maret 2020.

Jokowi mengaku sudah mempelajari dan memiliki analisis dampak dari lockdown setiap negara, hasilnya Indonesia tidak perlu menerapkan hal yang sama.


"Kebijakan mereka apa, hasilnya apa, semua dari Kemlu lewat Gugus Tugas yang ada terus kita pantau setiap hari, sehingga di negara kita yang paling pas adalah physical distancing, menjaga jarak aman itu paling penting," bebernya.


Jokowi meyakini jika jaga jarak antarorang tertib dilakukan, maka penyebaran COVID-19 bisa dicegah dan karena itu opsi lockdown menjadi tidak perlu.
"Saya kira kedisiplinan untuk isolasi itu penting," tuturnya.

Artikel ini sudah tebrit di Kumparan.com