Cinta Tanah Air, Abraham Anoya Bikin Tato Peta Indonesia di Wajah

Tato-Peta-Indonesia-di-Wajah-Abraham-Anoya-alias-Ceko.jpg
(Boombastis)

RIAU ONLINE, MAKASSAR-Seorang pria asal Makassar melakukan hal tak biasa dalam mewujudkan rasa nasionalisme pada tanah air. Pria yang kerap tampil dengan rambut gondrong tersebut mentato wajahnya dengan peta Indonesia.

Bukan tanpa alasan, hal ini secara sadar ia lakukan demi terlihat jelas jadi dirinya sebagai bagian dari Indonesia.

Pertama kali diunggah oleh akun instagram @unyil.tattoo.gallery, seorang lelaki membuat heboh sebab di hampir seluruh wajahnya dipenuhi tato bergambar pulau-pulau di Indonesia.

Pria bernama Abraham Anoya tersebut menato wajahnya dengan gambar kepulauan Indonesia lengkap dari Sabang sampai Merauke. Mulai dari bagian bawah telinga sebelah kanan hingga ujung dahi sebelah kiri, pun kelopak matanya juga tak ketinggalan dihias tato. Pria yang akrab disapa Ceko ini pun mendadak ramai dibicarakan.

Menurut Hanafi, Ceko nekat menato wajahnya lantaran bosan ditanya ‘orang mana’ oleh sebagian besar orang yang temuinya. Agar tak ditanya-tanya lagi, Ceko tak tanggung-tanggung menato bagian wajah yang memang mudah dilihat oleh semua orang.

Jika dulu tren tato hanya di bagian tubuh seperti pergelangan tangan, kaki, dan wajah, saat ini tato mulai umum di bagian wajah dan kepala. Hanafi pun mengaku kerap menato wajah dan kepala pelanggannya. Namun pemilik Unyil Tattoo Gallery di Jalan Mataram no. 10 Br Pamamoran, Kuta Bali mengatakan bahwa hal tersebut merupakan kali pertama bagi dirinya menggambar peta Indonesia di hampir seluruh bagian wajah.

 

Cheko 
Melihat tato peta Indonesia di wajah Ceko, netizen pun memberikan beragam reaksi. Ada yang berpendapat bahwa tato tersebut keren, sebab wujud kecintaan Ceko kepada Indonesia. Ekspresi kekaguman salah satunya dituliskan oleh akun satyaadenayamoira, “Gokiiiiillll abissss”.

Ada juga akun kulo.kangthoms yang menulis, “aku salut 100% padamu brother”. Selain bernama pro, ada juga netizen yang tidak membenarkan tindakan Ceko. Salah satunya akun norman_rushdy yang menulis komentar, “nasionalisme boleh, goblok jangan”.


Tato pulau Indonesia di wajah Ceko memang fenomenal di tengah banyaknya isu intoleransi di masyarakat. Namun jika dilihat dari berbagai segi mulai dari sisi keindahan hingga kebiasaan, tentu tak heran jika tato tersebut menjadi prokontra di masyarakat. Kalau kamu pribadi, suka nggak sih tato di wajah Ceko?

 

Artikel ini sudah terbit di Boombastis