Amien Rais Didepak Besannya dari Posisi Ketua Dewan Kehormatan PAN

Amien-Rais.jpg
((Suara.com/Ria Rizki))

RIAU ONLINE, JAKARTA-Amien Rais didepak besannya, ketua umum PAN Zulkifli Hasan dari posisi Ketua Dewan Kehormatan PAN. Zulkifli Hasan, menunjuk politisi senior PAN Soetrisno Bachir mengisi posisi tersebut.

"Dewan kehormatan mas Tris (Soetrisno Bachir), Sekjen pak Eddy Soeparno, Ketua Bappilu ini (nunjuk Yandri Susanto)," kata Zulkifli di kantor DPP Partai Nasdem, Jalan Gondangdia, Jakarta Pusat, Selasa 10 Maret 2020.

Selain itu, Zulkifli menunjuk Eddy Soeparno sebagai Sekretaris Jenderal PAN. Ketika ditanya posisi yang akan dijabat oleh Amien Rais, Zulkifli mengatakan, mantan ketua MPR itu selalu mendapat tempat spesial di PAN.

"Pak Amien selalu spesial di PAN," ujar dia.


Lebih lanjut, Zulkifli Hasan mengatakan, setelah Kongres V PAN berakhir, para kader yang sempat terbelah dukungannya, kini sudah kembali akur. Ia pun meyakini, sudah tidak ada kelompok atau kubu di internal PAN.

"Enggak ada (kubu-kubuan)," pungkas dia. 

Sebelumnya diberitakan, Zulkifli Hasan terpilih menjadi Ketua Umum PAN periode 2020-2025 berdasarkan pemilihan dalam Kongres V PAN pada Selasa 11 Maret 2020.

Dalam pemungutan suara saat kongres yang berlangsung di Kendari, Sulawesi Tenggara, Zulkifli Hasan memenangi kompetisi melawan dua pesaingnya, yaitu Mulfachri Harahap dan Dradjad Wibowo.

Adapun, selaku formatur tunggal, Zulkifli sebelumnya menargetkan susunan kepengurusan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN dapat diselesaikan dalam waktu dua Minggu. "Saya kira seminggu kelarlah, seminggu dan dua minggu kelar, kan ada waktu sebulan," kata dia.

Artikel ini sudah terbit di  Kompas.com