Sudah Tiba di Jakarta, Begini Wujud Mobil Dinas Baru Presiden

Mercedes-Benz-S600-Guard.-Courtesy-By-Mercedes.jpg
((Courtesy By Mercedes))

RIAU ONLINE, JAKARTA-Mobil dinas baru Presiden Joko Widodo (Jokowi), Mercedes-Benz S600 Guard (V222) yang diproduksi di Jerman, sudah mendarat di Indonesia.

Hal ini dibenarkan Kepala Biro Umum Kementerian Sekretariat Negara (Kemensesneg) Piping Supriatna dan itu berarti tidak lama lagi Jokowi bakal menikmati naik mobil antipeluru yang lebih gres.

"Mobilnya sudah datang," kata Piping melalui pesan singkat, Rabu 8 Januari 2020.

Piping tak menjelaskan rinci kapan mobil dinas Jokowi itu tiba, tetapi diketahui negara bukan hanya memesan S600 Guard hanya untuk Jokowi tetapi juga buat Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

"Sekitar tanggal 20-an Desember, tapi tepatnya saya lupa," katanya lagi.

Pihak Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) pernah menjelaskan untuk menyediakan mobil khusus buat kepala negara dengan spesifikasi tertentu umumnya butuh waktu tujuh hingga sembilan bulan.

Meski begitu diperkirakan penyelesaian buat mobil dinas baru Jokowi ini bisa dilakukan lebih cepat dari seharusnya.

MBDI yang ditetapkan sebagai pemenang tender pengadaan mobil dinas presiden yang baru pada Agustus lalu oleh Kemensetneg mengonfirmasi mobil dinas Jokowi telah sampai di Indonesia.

"Betul, jadi dari pihak kami MBDI hanya bisa mengatakan kendaraan sudah sesuai dengan pemesanan dan sudah diserahkan kepada pihak Kemensetneg," kata Department Manager Public Relation MBDI Dennis Kadaruskan saat dihubungi.

S600 Guard diketahui telah disesuaikan agar tahan serangan peluru, bom, dan granat. Mobil khusus ini juga dilengkapi perlengkapan keselamatan, alat komunikasi, dan perlengkapan canggih lain.

Diserahkan ke Paspampres

Menurut Piping, S600 Guard terbaru saat ini sudah diserahkan kepada tim pengamanan Jokowi, yaitu Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres).

"Sekarang sudah diserahkan ke Paspampres untuk operasionalnya," kata Piping.

Kehadiran mobil baru ini menggantikan kendaraan warisan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), yakni Mercedes-Benz S600 Guard produksi 2008, yang digunakan Jokowi sejak pertama menjabat sebagai Presiden pada periode pertama (2014-2019).


S600 Guard produksi 2008 yang kondisinya sering mogok kemungkinan bakal jadi mobil cadangan.

Negara diketahui mengganti mobil dinas Jokowi karena faktor usia. Mobil lungsuran SBY itu dianggap menjadi 'beban' negara karena sering rusak dan tidak efisien.

Mobil lama itu membutuhkan biaya perawatan tinggi sehingga perlu diremajakan dengan pertimbangan teknis seperti faktor keamanan, keandalan, dan biaya pemeliharaan yang semakin mahal karena usia pemakaian.

Artikel ini sudah terbit di CNN