Nahdlatul Ulama Laporkan Pria yang Kafirkan 2 Anggota Banser

Ilustrasi-Banser-NU.jpg
(Foto Aditia Noviansyah/kumparan)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Depok, melaporkan pria yang melakukan intimidasi terhadap dua anggota Banser yang tengah berkendara.

Sebuah video yang menunjukkan seorang pemuda memarahi dua anggota Banser di jalan ramai dibicarakan di media sosial. Peristiwa tersebut terjadi di kawasan Pondok Pinang, Jakarta Selatan. 

Dua anggota Banser yang ada di video viral tersebut adalah Wildan dan Eko. Keduanya -- yang mengenakan seragam loreng Banser ------ merupakan anggota provos Banser Kota Depok.


Pria berbaju dan bertopi hitam di video awalnya memepet dan menyetop motor yang ditumpangi Eko dan Wildan. Setelah Eko dan Wildan turun, lalu keluarlah pertanyaan dan pernyataan:


"Lo Islam bukan? Ya udah takbir. Kok buat apa, kafir dong lo," kata pria berbaju hitam dalam video itu.
Peristiwa itu terjadi saat Wildan dan Eko dalam perjalanan menuju Ciledug. Di sana ada pengajian yang dihadiri salah satu ulama NU, Gus Muwafiq.



Ketua PCNU Depok Achmad Solekhan memberikan penjelasan atas peristiwa itu.
"Di tengah jalan (mereka) disuruh minggir dan tanya-tanya mau ke mana. Video itu bukan Banser yang ngerekam, pelaku sendiri," kata Achmad Solekhan saat dikonfirmasi, Rabu 11 Desember.

Ketika itu Wildan dan Eko tak menanggapi provokasi dari pria itu. Hal inilah yang diapresiasi oleh NU.
"Ia memaki-maki karena Banser tak mau ikuti provokasi pelaku. Namun alhamdulillah keduanya putuskan diam. Ngapain ngeladenin ini orang, kata mereka. Lalu pergi," ungkap Achmad Solekhan.

Setelah kejadian di sore hari, keduanya didampingi pengurus  melapor ke Polres Jakarta Selatan. Namun Polres mengarahkan ke Bareskrim Polri.
"Jadi hari ini kami laporkan. Tim hukum dan Eko sudah dalam perjalanan," katanya.
PCNU mengapresiasi atas langkah yang diambil kedua anggota Banser yang tak terpancing pemuda itu.


"Tentu memberikan apresiasi kepada Banser kita memegang akhlakul karimah. Meskipun ada tindakan yang tidak manusiawi," jelas Achmad Solekhan.
NU dan Banser melaporkan peristiwa ini ke polisi karena tak ingin kejadian serupa terjadi lagi. Sebab, hal ini menyakiti Banser.

Artikel ini sudah terbit di Kumparan.com