Presiden Tunjuk Rudiantara jadi Bos Setrum Negara

Menteri-Rudiantara.jpg
(SUARA.COM)

RIAU ONLINE, JAKARTA-Presiden Joko Widodo atau Jokowi telah menunjuk Rudiantara sebagai Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN.

Informasi itu dikatakan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Katanya Rudiantara sudah sangat cocok untuk mengisi kursi bos perusahaan setrum negera tersebut.

"Jadi saya kira Pak Presiden menunjuk Pak Rudi sudah keputusan yang sangat tepat. Dan saya kira PLN akan lebih bagus," ujarnya di Hotel Sultan, Jakarta, Senin, 9 Desember 2019.

Luhut menjelaskan, pribadi Rudiantara dikenal sangat baik dan terlihat saat bersama-sama menjadi menteri di kabinet kerja Jokowi-Jusuf Kalla. Selain itu, mantan komunikasi dan informatika itu juga mempunyai latar belakang dalam mengurus perusahaan setrum pelat merah tersebut. "Bagus banget kan pak Rudi. Memang orang PLN. Selama di kabinet sama beliau juga bagus," kata dia.

Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara atau BUMN Erick Thohir mengatakan tengah memproses perombakan direksi PLN. Dalam proses itu, kata dia, terdapat beberapa nama yang akan mengisi kursi baru bos perusahaan pelat merah itu.

Erick menjelaskan, pihaknya telah mengusulkan tiga nama sebagai Direktur Utama PLN ke Presiden Jokowi. Salah satunya adalah Sripeni Inten Cahyani yang menjabat sebagai Pelaksana Tugas Dirut PLN. "Akhirnya setelah di-review, barulah diperlukan figur yang besar," kata Erick Thohir kepada Tempo di Kementerian BUMN, Jakarta, Sabtu, 8 Desember 2019.

Tak hanya soal pengisi pucuk pimpinan, Erick Thohir juga masih mempertimbangkan merombak jajaran direksi dan komisaris perusahaan setrum negara itu. Terlebih karena PLN harus mengubah arah bisnisnya.

Artikrl ini sudah terbit di Tempo.co