Luapan Sungai Kuantan Mulai Merendam Ratusan Rumah Warga

rendam-pemukiman.jpg
(robi)

Laporan: ROBI SUSANTO

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Tingginya curah hujan beberapa hari terakhir membuat air Sungai Kuantan atau yang lazim disebut Sungai Indragiri meluap merendam sekitar ratusan rumah masyarakat di Kabupaten Kuansing, Riau, Senin, 9 Desember 2019.

Laporan sementara di Kecamatan Pangean hingga pukul 15.10 WIB sore ini rumah yang terendam banjir berkisar mencapai 100 rumah.

"Di Pangean air mulai masuk ke halaman rumah mulai pukul 05.30 WIB subuh tadi (Senin,red)," ujar Camat Pangean, Mahviyen Trikon Putra ketika dikonfirmasi RIAUONLINE.CO.ID, Senin sore.

Hingga Senin sore katanya, ketinggian air mencapai 10-50 centimeter. Sedikitnya ada 14 Desa yang berada di bantaran Sungai Kuantan yang sebagian wilayah topografinya rendah mulai terendam oleh banjir luapan Sungai Kuantan.

Kemudian di Kecamatan Kuantan Hilir Seberang laporan sementara ada 161 rumah yang terendam banjir luapan air Sungai Kuantan.

Camat Kuantan Hilir Seberang Akhyan Armofis menyampaikan, sejumlah kawasan pemukiman yang terendam di antaranya di Desa Pulau Baru ada 58 rumah dengan rincian Dusun I ada 43 rumah dan Dusun II ada 15 rumah.

Kemudian di Desa Tanjung Pisang ada 43 Kepala Keluarga (KK) yang rumahnya terendam oleh banjir. Selanjutnya di Desa Pelukahan Dusun I ada 27 rumah, Dusun III ada 33 rumah.

"Air mulai masuk dari pagi," ujar Akhyan.

Kemudian di Kecamatan Kuantan Hilir banjir juga mulai merendam beberapa kawasan pemukiman masyarakat. Di antaranya di Desa Kampung Tengah, Pulau Madinah, dan Pulau Kijang.

"Ketinggian air sekitar setengah meter," ujar Camat Kuantan Hilir Yulpides saat dihubungi RIAUONLINE.CO.ID, Senin sore.

Namun Yulpides sendiri belum menerima laporan dari masing-masing Kades berapa jumlah rumah yang terendam.

"Belum ada laporan dari Kades," katanya.

Di Kecamatan Kuantan Tengah dan Benai belum ada laporan rumah warga yang terendam oleh banjir. Laporan dari Camat Kuantan Tengah dan Benai hingga pukul 15.00 WIB tadi banjir mulai merendam areal persawahan.

Kemudian untuk Kecamatan Inuman dan Cerenti belum ada laporan apakah sudah ada rumah warga yang terendam oleh banjir luapan Sungai Kuantan.

Camat Cerenti maupun Camat Inuman yang dikonfirmasi melalui pesan Whatshap belum memberi balasan apakah di daerahnya ada rumah warga yang terendam akibat luapan Sungai Kuantan.

Hingga Senin sore sekitar pukul 16.13 WIB di sejumlah wilayah Kecamatan Kuantan Tengah terutama di wilayah Kenegrian Kari tengah diguyur hujan. Bahkan hingga sore ini langit Kuansing terlihat masih gelap dan berpotensi hujan hingga malam nanti.

Wilayah Kuansing sendiri memang dikepung oleh dua sungai besar. Salah satu adalah Sungai Kuantan yang melintasi 10 Kecamatan di antaranya Hulu Kuantan, Kuantan Mudik, Gunung Toar, Kuantan Tengah, Benai, Pangean, Kuantan Hilir, Kuantan Hilir Seberang, Inuman dan Cerenti.

Sementara dua Kecamatan lagi yakni Singingi dan Singingi Hilir itu dilintasi oleh Sungai Singingi yang memiliki muara ke Sungai Kampar.