ļ»æ

Jamaah Haji Terima Kemasan Air Zamzam Bertuliskan #2019GantiPresiden

air-zamzam.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE - Sebuah foto pembagian air zamzam bertuliskan #2019GantiPresiden menyebar di media sosial. Foto itu menggambarkan pembagian air zamzam kepada jemaah haji Indonesia yang akan mau pulang ke tanah air dari Arab Saudi.

Belum dapat dipastikan kebenaran foto itu, Kepala Biro Humas, Data, dan Informasi Kementerian Agama sekaligus Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi Mastuki mengatakan, tengah menelusuri asal foto tersebut.

"Kami mendapatkan informasi yang sama juga soal foto itu," kata Mastuki seperti dikutip dari tim Media Center Haji (MCH), Kamis (30/08) siang waktu Saudi. Dia menjelaskan, Kemenag kini sedang mengumpulkan informasi dari berbagai pihak.

Ia menjelaskan, pemerintah Indonesia dan Kerajaan Arab Saudi sudah bersepakat setiap jemaah haji bakal mendapatkan jatah 5 liter air zamzam.

Namun, Mastuki memastikan, jatah air zamzam secara resmi itu tidak dikemas dalam wadah yang mengandung unsur politik. Air zamzam tersebut juga baru dibagikan, saat jemaah tiba di debarkasi masing-masing.

Mastuki juga menjelaskan, seluruh jemaah haji reguler yang menjadi tanggungjawab Kemenag selalu berangkat dan pulang dari terminal haji bandara.

Artikel ini lebih dulu tayang di Suara.com dengan judul: Air Zamzam Bertuliskan #2019GantiPresiden Dibagikan di Arab Saudi