Sandiaga Uno Beberkan Kunci Sukses Jadi Pengusaha Kepada Generasi Muda

Sandiaga-Uno-Berdoa.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAUONLINE - Calon Wakil Presiden Sandiaga Uno memberikan perhatian kepada anak muda bagaimana memilih jalan sukses di masa depan. Sandiaga mengajak generasi muda membuka lapangan kerja ketimbang mencari lapangan kerja, hal itu mengacu pada kondisi persaingan di lapangan kerja di Indonesia saat ini terbilang ketat.

"Sekarang kondisi lapangan kerja agak sulit didapat, jadi Kita harus fokus kepada pemberdayaan kepada para pengusaha-pengusahan yang ada sekarang," ujar Sandiaga di Jalan Martadinata, Bandung, Selasa (28/8/2018).

Menurut Sandiaga, jika masyarakat Indonesia mempunyai pemikiran sebagai pengusaha, tentunya lapangan pekerjaan untuk rakyat Indonesia akan terbuka lebar, untuk golongan apapun.

"Karena setiap (pengusaha) di usaha pemula itu bisa membuka 4 lapangan kerja, kalau kita bisa buka 1 juta lapangan kerja baru itu akan ada 4 juta lapangan kerja baru," katanya.

Sandiaga mengatakan, hitung-hitungan ini didasari oleh dirinya yang memang sudah lama bergelut di dunia bisnis dan sebagai pengusaha.

"Kita sebagai pebisnis harus dan ingin menentukan pembangunan bangsa ini dan menciptakan lapangan kerja terbuka," ujar pasangan Prabowo Subiyanto ini.

Selanjutnya, dirinya berpesan, jika ingin menjadi pengusaha sukses dan nantinya bisa menciptakan lapangan pekerjaan baru, harus berlandaskan pada rumus 4AS yang sudah ditanamkan dirinya dari awal mula menjadi pengusaha.

"Kiat-kiat agar (jadi pengusaha) sukses. Saya sampaikan 4 AS. Kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas, dan kerja ikhlas," tuturnya.

Solusi menghadapi kondisi lapangan kerja yang ketat, menurut Sandiaga Uno harus bisa menciptakan lapangan kerja sendiri ketimbang mencari lapangan kerja, tentunya dengan melakukan langkah 4AS.

Artikel ini lebih dulu tayang di Suara.com dengan judul: Sulit Cari Kerja, Sandiaga Uno Ajak Pemuda Jadi Pengusaha