Ini Dia Tokoh-tokoh Agama yang Diincar Jadi Cawapres

Ilustrasi-Pilpres-20192.jpg
(Liputan6.com)


RIAU ONLINE - Sejumlah nama telah ramai disebut menjadi calon wakil presiden (cawapres) menjelang pemilihan presiden 2019. Menariknya, kandidat cawapres yang digadang-gadang itu berasal dari berbagai kalangan.

Bahkan, termasuk tokoh agama masuk dalam bursa cawapres. Mereka dilirik sebagai orang yang pantas mendampingi capres pada pesta demokrasi mendatang. Berikut sederet tokoh agama yang dilirik jadi cawapres seperti dilansir dari Merdeka.com, Senin, 30 Juli 2018.

Ma'ruf Amin

Ma'ruf Amin salah satu tokoh agama yang dilirik menjadi cawapres. Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) ini masuk dalam kandidat cawapres Joko Widodo.

Merdeka.com

Ma'ruf Amin dinilai dapat menjadi salah satu alternatif untuk menjembatani seluruh pihak, semisal Alumni 212. Terlebih lagi, Ma'ruf Amin dianggap menguasai ilmu ekonomi.

Selain ketua MUI, Ma'ruf juga menjabat Rais 'Aam PBNU. Pria 75 tahun ini sempat menjadi Anggota Dewan Pertimbangan Presiden Bidang Hubungan Antar Agama. Ma'ruf sendiri mengaku jika negara memanggil untuk bertarung di Pilpres mendatang.

"Kalau kita bangsa, negara, kita para ulama diminta negara harus siap. Itu pasti kita siap," ujarnya di Bambu Apus, Cipayung, Jakarta Timur, Kamis (26/7).


Din Syamsudin

Din Syamsudin menjadi tokoh agama lainnya yang menjadi incaran dan sempat dikabarkan masuk dalam bursa cawapres Joko Widodo. Selain merupakan Ketua Dewan Pertimbangan MUI, Din juga merupakan mantan Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Merdeka.com

Dia mengaku tersanjung disebut-sebut masuk kandidat cawapres Jokowi. "Manusiawi kalau saya tersanjung karena mendapat kehormatan seperti itu," katanya beberapa waktu lalu.

TGB Zainul Majdi

Gubernur Nusa Tenggara Barat (NTB) juga dilirik menjadi cawapres pada Pilpres 2019. TGB Zainul Majdi dikabarkan menjadi incaran untuk menjadi pendamping Joko Widodo.

Merdeka.com

Tokoh yang lahir dari keluarga tokoh Islam di NTB itu merupakan cucu dari pendiri organisasi Islam terbesar di NTB, Nahdlatul Wathan (NW) dan pendiri Pesantren Darun-Nahdlatain, yaitu TGH. M. Zainuddin Abdul Madjid (Tuan Guru Pancor). TGB lulusan Ilmu-Ilmu Al-Quran, Fakultas Ushuluddin, Universitas Al-Azhar Kairo, Mesir.

Hidayat Nur Wahid

Hidayat Nur Wahid menjadi satu dari sembilan nama capres-cawapres untuk maju pada Pilpres 2019 yang diumumkan Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Hidayat Nur Wahid adalah Wakil Ketua Majelis Syuro PKS.

Merdeka.com

Hidayat cukup memahami bidang agama. Dia sempat belajar di Pondok Modern Darussalam Gontor dan kuliah di UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta. Selanjutnya Hidayat menempuh studi magister dan doktor di Universitas Islam Madinah.