5 Cara Menjaga Konsentrasi Agar Tetap Fokus Bekerja

ilustrasi-bekerjas-kantor.jpg
(Kompas.com)

RIAUONLINE - Fokus dan konsentrasi merupakan dua hal yang perlu diperhatikan saat sedang bekerja ataupun belajar. Namun tidak semua orang dapat dengan mudah mempertahankan konsentrasi dan seringkali berakhir tidak fokus. Terdapat beberapa penyebab yang dapat mengganggu konsentrasi saat bekerja contohnya seperti keadaan sekitar yang kurang kondusif, mengerjakan beberapa pekerjaan dalam waktu bersamaan, dan terlalu sering membuka media sosial.

Jika hal ini tidak diperhatikan dan tidak segera ditangani, maka hal ini akan menimbulkan masalah seperti pekerjaan tidak akan selesai atau bahkan bisa menumpuk. Untuk mengatasi masalah tersebut, terdapat 5 cara yang bisa kamu lakukan untuk membuatmu lebih fokus dan konsentrasi lagi dalam mengerjakan tugas.

1. Berhenti mengecek media sosial

Saat mengerjakan tugas tidak jarang tangan kita tergoda untuk membuka ponsel. Seringkali ketika kita sudah membuka ponsel, maka akan tergoda untuk terus bermain dan scroll media sosial bahkan sampai lupa waktu. Akibatnya pekerjaan menjadi terabaikan dan tidak selesai dalam waktu dekat.

Nah, agar lebih fokus cobalah untuk menahan diri untuk tidak bermain ponsel dan membuka media sosial saat bekerja. Kalau bisa letakkan ponsel dimana tangan tidak menjangkaunya dengan mudah namun juga tidak terlalu jauh. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi kecanduan untuk membuka media sosial sehingga lebih fokus dengan pekerjaan.

2. Mengerjakan pekerjaan satu persatu


Tidak semua orang dapat mengerjakan semua pekerjaan dalam waktu yang bersamaan. Jika kamu termasuk orang yang mudah terganggu konsentrasinya, maka sebaiknya kamu fokus untuk menyelesaikan satu pekerjaan terlebih dahulu. Setelah satu pekerjaan selesai, maka kamu bisa melanjutkan pekerjaan lainnya. Memang mengerjakan banyak pekerjaan dalam waktu bersamaan dapat menghemat waktu, namun itu tidak menjamin hasilnya akan maksimal.

3. Membuat daftar tugas

Cara selanjutnya yaitu kamu bisa membuat daftar tugas yang akan kamu kerjakan. Daftar tugas ini bisa berisikan kumpulan tugas dan pekerjaan harian, mingguan, atau bulanan. Cobalah untuk menuliskan daftar tugas atau to-do list di kertas atau ponsel.

Namun disarankan untuk menuliskannya di kertas dan jika perlu tempelkan di tempat yang sekiranya sering terlihat. Karena jika menuliskan daftar tugas di ponsel, maka dikhawatirkan kamu akan tergoda untuk membuka media sosial dan menjadi lupa dengan tugas yang akan dikerjakan.

4. Mencoba teknik Pomodoro

Teknik pomodoro merupakan salah satu teknik untuk menjaga konsentrasi dan fokus saat belajar atau melakukan suatu pekerjaan. Cara kerja teknik ini adalah mengatur durasi bekerja dan istirahat bergantian sehingga waktu bekerja dan istirahat tetap seimbang. Langkah teknik Pomodoro adalah sebagai berikut:

Pasang alarm pengingat selama 25 menit dan mulailah bekerja
Saat alarm berbunyi, kamu bisa istirahat selama 5 menit
Ketika waktu selesai, pasang kembali alarm 25 menit dan kembali bekerja
Setelah empat kali siklus, kamu bisa menambahkan waktu istirahat menjadi 15-30 menit.

5. Mencoba berpikir positif

Pikiran yang positif membawa dampak yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Dengan berpikir positif dan tenang maka segala pekerjaan akan menjadi terarah dan tidak mudah terganggu. Dengan demikian fokus pada pekerjaan menjadi terjaga dan menjadi lebih efisien.

 Artikel ini sudah tayang di yoursay.id/ suara.com