Waspada Banjir, Hujan Bakal Guyur Riau Lagi Hari Ini

Banjir-di-Jalan-Paus-Pekanbaru.jpg
(Tangkapan Layar/Istimewa)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan hujan dengan intensitas ringan hingga sedang masih berpotensi mengguyur Riau hari ini, Selasa, 16 April 2024.

Forecaster on Duty BMKG, Moh Ibnu Amiruddin, mengatakan pada pagi hari hujan diprakirakan terjadi di sebagian wilayah Rokan Hulu, Rokan Hilir, Bengkalis, Kepulauan Meranti, Siak, dan Kota Dumai.

"Hujan bersifat tidak merata, hanya terjadi di beberapa daerah di Riau saja," ujar Ibnu.

Ia menjelaskan, sore hingga malam hari hujan dengan intensitas ringan hingga lebat diprakirakan terjadi di sebagian besar wilayah Riau.


"Kondisi yang sama juga terjadi pada dini hari. Diprakirakan terjadi di sebagian wilayah Rokan Hulu, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, Kampar, Kuantan Singingi, Pelalawan, Kepulauan Meranti, dan Bengkalis," jelasnya.

Lanjut Ibnu, BMKG mengeluarkan peringatan dini waspada hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

"Dapat terjadi di sebagian wilayah Rokan Hulu, Rokan Hilir, Kampar, Bengkalis, Kabupaten. Meranti, Siak, Pelalawan, Indragiri Hilir, Indragiri Hulu, Kuantan Singingi dan Kota Dumai," pungkasnya. 

Sementara, suhu udara berada pada 22.0 – 32.0 derajat celcius dengan kelembaban udara 60 – 100 persen dan arah angin Utara – Timur / 10 – 30  km per jam.

Prakiraan tinggi gelombang di Wilayah perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25  meter (Rendah)