Dukung Generasi Penghafal Alquran, Ratusan Alquran Diserahkan ke 18 SMK di Pekanbaru

Edy-natar-serahkan-alquran-ke-siswa.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ratusan peserta didik penerima wakaf Alquran memenuhi aula Kantor Dinas Pendidikan Provinsi Riau di Jalan Cut Nyak Dien, Kamis 29 Februari 2024, pagi. Mereka berasal dari berbagai SMK negeri maupun swasta yang ada di Kota Pekanbaru

Para peserta didik datang bersama guru maupun kepala sekolah mereka. Secara bergantian, siswa dan siswi mewakili sekolah mereka menerima langsung wakaf Alquran yang dibagikan oleh Disdik Riau dan Kurnia Wakaf.

"Saya berterimakasih kepada Dinas Pendidikan Provinsi Riau dan Kurnia Wakaf yang telah menyampaikan wakaf Alquran bagi siswa-siswa di Kota Pekanbaru," ujar Amanda, siswi SMK IT Al Izhar Pekanbaru.

Gadis 17 tahun ini mengatakan bahwa dirinya akan lebih giat dan semangat lagi untuk menambah hafalan Alquran. Apalagi ia punya target bisa masuk perguruan tinggi dari jalur penghafal Alquran.

"Dalam waktu dekat lebih giat dan semangat lagi untuk menambah hafalan. Banyak keutamaan dari membaca Alquran," ujar Amanda yang saat ini hafal 4 juz Alquran.

Dinas Pendidikan Provinsi Riau menyambut baik dan memberikan penghargaan kepada Kurnia Wakaf yang menyalurkan Alquran bagi peserta didik di SMK yang ada di Kota Pekanbaru.

"Tentu Dinas Pendidikan Provinsi Riau berharap, semoga penyaluran waqaf Alquran bisa menyentuh hingga ke daerah lainnya di Riau. Mudah-mudahan di antara para peserta didik penghafal Alquran nantinya akan terus meningkat hafalan juz nya," kata Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Riau dalam sambutannya.


Tokoh masyarakat Riau, Edy Natar Nasution yang hadir dalam kegiatan turut menyampaikan apresiasi dalam sambutannya. Ia menilai, penyaluran wakaf Alquran oleh Kurnia Wakaf menjadi satu upaya mendukung generasi penghafal Alquran di Riau.

"Saya ucapkan terima kasih dan apresiasi yang tinggi kepada Abangda A.Z Fachri Yasin selaku pimpinan Kurnia Wakaf, yang secara konsisten melaksanakan kegiatan wakaf ini. Saya beberapa kali menghadiri kegiatan sejak tahun 2022. Ada juga kegiatan penyaluran wakaf Alquran di pesantren," paparnya.

Edy menginginkan generasi muda tidak jauh dari Alquran. "Kita ingin menciptakan sumber daya manusia di Riau ini yang hafal Alquran. Maka saya berpesan kepada ananda sekalian, Alquran yang telah diberikan ini harus kita baca dan dalami maknanya. Pahami artinya. Mudah-mudahan Allah meridhoi kegiatan yang kita lakukan hari ini. Alquran yang kita dapatkan bisa memberikan manfaat, baik bagi yang menerima maupun yang mewakafkan," tuturnya.

Perwakilan guru SMKS Muhammadiyah 3 Pekanbaru, juga mengapresiasi dan bersyukur atas penyerahan wakaf Alquran. Ada enam siswa dari SMK swasta tersebut menerima wakaf Alquran.

"Kami ada enam siswa yang hafidz. Alhamdulillah hari ini diundang oleh Disdik Provinsi Riau untuk menerima wakaf Alquran. Kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada semua pihak terlibat. Kami berharap kegiatan seperti ini tetap bisa berlanjut, terutama ini mau memasuki bulan Suci Ramadan, tentu kami mengimbau siswa agar bisa lebih giat lagi membaca Alquran sebagai amal ibadah bagi kita," kata Fikrizon, guru Agama Islam di SMKS Muhammadiyah 3 Pekanbaru.

Ada sebanyak 206 Alquran diserahkan kepada tahfidz siswa SMK negeri dan swasta di Kota Pekanbaru. Dari total 18 SMK tersebut, ada 83 hafidz dan 123 hafidzah.

"Alquran ini dari 28 pewakaf. Para siswa siswi yang menerima wakaf Alquran minimal sudah hafal sebanyak 2 juz," jelas Pimpinan Kurnia Wakaf Al Qur'an A.Z Fachri Yasin.

Fachri menyampaikan bahwa kegiatan penyaluran wakaf Alquran masih terus berlanjut. Dalam bulan Februari 2024 ini, sudah empat kali penyaluran wakaf Alquran oleh Kurnia Wakaf.

"Kegiatan ini akan terus ada, nanti ke pesantren atau MAN juga akan kita salurkan. Yang penting datanya masuk. Ketika ada yang menyampaikan informasi kepada kita, ada yang hafal 2 juz, maka akan kita salurkan wakaf Alquran," paparnya.

Kurnia Wakaf juga berencana pada 7 Maret 2024 nanti memberikan 347 Al Quran wakaf kepada siswa 9 SMA negeri dan 10 SMA swasta. Siswa yang menerima yakni mereka yang sudah hafal 2 juz Al Quran.

"Insyaallah, ada sebanyak 374 yang akan disalurkan minggu depan melalui Disdik. Bagi yang berminat untuk berwakaf Al Quran, bisa menghubungi kepada Kurnia Wakaf Al Quran, A.Z Fachri Yasin dengan nomor kontak 0811751857," tutupnya.