Curhat Anies Baswedan: Pemilu Bukan Sekadar Memilih Orang

Anies-Baswedan49.jpg
((Dok: Istimewa))

RIAU ONLINE - Calon Presiden (Capres) Nomor Urut 1, Anies Baswedan, mengungkap isi hatinya terkait kondisi mayoritas masyarakat Indonesia saat menghadapi Pemilu.

Ia meluapkan isi hatinya dalam sebuah rekaman suara yang diunggahnya di akun X @aniesbaswedan pada Rabu, 28 Februari 2024.

Menurut Anies, masih banyak warga yang belum memahami pentingnya Pemilu.

Pemilu bukan sekadar memilih orang. Kadang kita enggak menganggap penting Pemilu, sampai kita sendiri yang merasakan dampaknya," tulis Anies, dikutip dari Suara.com, Kamis, 29 Februari 2024.


Anies menilai masyarakat kadang tidak menganggap Pemilu penting sampai suatu saat merasakan dampaknya. Misalnya, saat warga menginginkan uang kuliah murah, namun tidak memilih kandidat yang mengusung kebijakan tentang hal ini.

"Ketika sudah bertugas, dia bikin kebijakan yang membuat uang kuliah mahal. Kenapa jadi mahal? Pertanyaannya, dulu ketika Pemilu kenapa nggak milih berdasarkan urusan kebijakan uang kuliah," kata Anies.

Anies mengatakan, Pemilu adalah jalan untuk menentukan arah kebijakan bangsa di masa depan, bukan sekadar memilih orang.

"Saya sering bilang, Pilpres itu bukan cuman menentukan foto siapa yang akan dipasang di ruang kelas dan ruang-ruang kantor. Pilpres itu menentukan kebijakan apa saja yang akan kita pilih itu terwakili oleh nama calonnya," tegasnya.

Sementara itu, hingga siang ini, perolehan suara Paslon Prabowo-Gibran tercatat mengumpulkan 75,368,228 atau 58,83 persen. Disusul paslon Anies-Muhaimin sebanyak 31,373,546 atau 24,49 persen, terakhir paslon Ganjar Pranowo-Mahfud MD sebanyak 21,373,341 atau 16,68 persen.