Waspada Banjir, Hujan Masih Berpotensi Guyur Kota Pekanbaru

Banjir-Pekanbaru18.jpg
(Riau Online/Laras Olivia)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Masyarakat yang berada di kawasan rawan banjir harus tetap waspada. Potensi banjir masih bisa terjadi lantaran hujan masih terjadi di Kota Pekanbaru dalam pekan ini.

Hal ini disampaikan Kepala Pelaksana BPBD Kota Pekanbaru, Zarman Candra. Ia menyebut, hujan dengan potensi ringan hingga sedang masih bakal mengguyur kota.

"Kita imbau kepada masyarakat untuk tetap waspada, terutama di wilayah rawan banjir," katanya mengingatkan, Minggu 18 Februari 2024.

Zarman menilai, beberapa hari ini hujan cukup deras melanda sehingga tim pun turun ke lokasi rawan. Ia memastikan untuk saat ini belum ada kawasan rawan yang terdampak banjir.


Namun di sejumlah lokasi yang terdampak pasang Sungai Siak masih terjadi. Ia pun mengingatkan warga di sekitar pesisir sungai tetap berhati-hati dengan ancaman pasang sungai.

Pemerintah kota pun memperpanjang status siaga darurat banjir hingga 29 Februari 2024 mendatang. Perpanjangan status siaga darurat karena mempertimbangkan kondisi cuaca yang masih penghujan.

Meski begitu, lanjutnya, hujan yang terjadi tidak berlangsung sepanjang hari. Tapi hujan yang terjadi juga diselingi cuaca panas setiap harinya.

Pihaknya mengingatkan masyarakat agar tetap waspada terutama yang berada di wilayah rawan banjir. Masyarakat harus waspada selama pemberlakuan status siaga darurat banjir di Kota Pekanbaru.

"Kami tetap komunikasi dengan BMKG terkait potensi hujan di pekan depan. Jadi saat ini masyarakat kita ingatkan, tetap waspada selama status siaga darurat banjir ini," tandasnya.