Puluhan Tahun jadi Paru-paru Kota Pekanbaru, Pohon Besar di Sudirman Ditebang Rata

Kondisi-pohon-yang-sudah-ditebang.jpg
(DEFRI CANDRA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Dua pohon besar di pinggir Jalan Jenderal Sudirman, Pekanbaru, tepatnya di samping Pengadilan Tinggi Agama, ditebang. Pohon besar itu sudah berusia puluhan tahun dan menjadi paru-paru kota Pekanbaru.

Pantauan RIAU ONLINE, pohon itu ditebang rata. Diduga pohon tersebut menjadi ‘tumbal’ untuk pembangunan proyek yang sedang berlangsung di depannya.

Warga setempat, Ardinal, mengaku kesal dengan ditebangnya pohon tersebut. Menurutnya, pohon berusia puluhan itu sudah menjadi sumber oksigen dan pelindung warga di kala terik.

"Saya sangat prihatin, kenapa demi kepentingan perusahan, kok pohon yang sudah berumur puluhan tahun dikorbankan," ujar Ardinal kepada RIAU ONLINE, Minggu, 18 Februari 2024.


Ardinal sendiri tidak mengetahui adanya penebangan pohon tersebut. Apalagi, diduga penebangan tersebut terkait dengan pembangunan yang sedang berlangsung.

"Saya tidak tahun pohon tersebut ditebang dan perusahaan apa yang akan dibangun juga tidak tahu," katanya.

"Yang jelas ini sangat merusak lingkungan. Harusnya ini tidak ditebang, tapi sebaliknya demi pembangunan jembatan proyek orang tak bertanggung jawab tersebut," pungkasnya.