Nyoblos Rasa Kondangan, Petugas TPS di Pekanbaru Ini Berbusana Pengantin

TPS-berkonsep-pesta-pernikahan.jpg
(dok. Polresta Pekanbaru)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Berbagai cara dilakukan untuk menarik masyarakat datang dan menggunakan hak suaranya di tempat pemungutan suara (TPS). Mendirikan TPS berkonsep unik pun menjadi pilihan.

Seperti di TPS 02, Kecamatan Kulim, Kota Pekanbaru, yang membuat warga seperti menghadiri resepsi pernikahan. Bahkan, petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) pun berbusana pengantin.

"Di TPS 02 ini terlihat unik layaknya sebuah acara pesta pengantin. Petugasnya berbusana seperti penerima tamu undangan, ada juga pelaminannya," ujar Kasat Reskrim Polresta Pekanbaru, Kompol Bery Juana Putra, Rabu, 14 Februari 2024.

Bery memantau jalannya Pemilu di TPS tersebut bersama Kompol Manapar Situmorang, Camat Kulim Raja Faisal Feb Rinaldi, Ketua PPK Kecamatan Kulim Rais Siswanto, Lurah Pebatuan, PPS Pematang Kapau dan PPS Pebatuan, Babhinsa Kecamatan Kulim, dan KPPS TPS 02 Kelurahan Pematang Kapau dan KPPS TPS 31 Kelurahan Pebatuan.

Bery mengatakan tujuan kegiatan ini adalah untuk memastikan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di wilayah Kecamatan Kulim selama pelaksanaan Pemilu 2024.


"Kami mengimbau masyarakat untuk menjaga dan mencegah potensi gangguan Kamtibmas dengan melibatkan seluruh komponen masyarakat. Sehingga situasi Kamtibmas terjaga dan terkendali pada saat Pemilu 2024 berlangsung," kata Kompol Bery.

Selain itu, Bery juga mengajak masyarakat untuk meminimalisir isu-isu provokatif yang berpotensi konflik sosial politik pada saat menjelang dan pelaksanaan pemilu tahun 2024.

"Mari kita bersama-sama menjaga serta mewujudkan situasi kamtibmas yang aman kondusif," imbaunya.

Bery menjelaskan pihaknya bersama Forkopimcam Kulim bersinergi untuk menjaga keamanan dan kelancaran Pemilu 2024 agar berjalan lancar.

Masyarakat diminta untuk proaktif dalam menjaga Kamtibmas demi menciptakan Pemilu 2024 yang damai dan kondusif.

"Kegiatan cek kontrol TPS menunjukkan komitmen Polri dan Forkopimcam Kulim dalam menjaga keamanan dan kelancaran Pemilu 2024," tegasnya.