Amankan Pemilu 2024, Satlinmas Diminta Koordinasi dengan TNI-Polri

Pj-Muflihun-pimpin-apel1.jpg
(LARAS OLIVIA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Satuan perlindungan masyarakat atau Satuan Linmas (Satlinmas) adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana.

Mereka bisa mengurangi dan memperkecil dampak bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, kegiatan sosial kemasyarakatan. Satlinmas juga bertugas di TPS dan teknis pelaksanaan pembekalan pada pemilu. 

Penjabat (Pj) Wali Kota Pekanbaru, Muflihun, mengingatkan agar para personel Satlinmas bisa menjalankan tugas sesuai regulasi yang ada. Mereka juga harus bisa berkoordinasi dengan TNI dan Polri serta instansi terkait.

"Kami ingatkan kepada seluruh personel Satlinmas untuk betul betul koordinasi, dalam upaya pengamanan Pemilu. Satlinmas bisa ikut membantu TNI dan Polri dalam pengamanan Pemilu," ujarnya saat memimpin langsung Apel Gelar Pasukan Satlinmas dalam Pemilu 2024 di Kota Pekanbaru di Halaman Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru, Senin 5 Februari 2024.


Muflihun memimpin apel bersama Dandim Pekanbaru dan Kapolresta Pekanbaru. Apel ini tidak hanya diikuti para personel Satlinmas di seluruh kecamatan. Ada juga unsur TNI dan Polri serta instansi terkait yang membantu pengamanan Pemilu 2024.

Muflihun juga mengimbau agar para personel Satlinmas ikut mencegah munculnya politik uang. Ia mengajak semua personel Satlinmas bisa mengawal bersama rangkaian Pemilu.

"Mari kita kawal bersama, ajak masyarakat agar memilih dari hati nurani," paparnya.

Dirinya menambahkan bahwa Satlinmas juga harus mengawal sarana ibadah. Jangan sampai sarana ibadah jadi tempat berpolitik. Mereka juga harus mewaspadai adanya isu di tengah masyarakat agar tidak terpecah belah. Suasana harmonis bisa tercipta dengan tidak terprovokasi. 

"Apalagi pemungutan suara tinggal menghitung hari, kami imbau jangan terprovokasi," sebutnya.