Warga Teluk Lanus Antusias Manfaatkan Layanan Program Bujang Kampung

Antrean-warga-di-Bujang-Kampung.jpg
(HENDRA DEDAFTA/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, SIAK - Sejumlah warga Kampung Teluk Lanus, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak, sangat antusias memanfaatkan pelayanan kependudukan dalam program Bujang Kampung, Jumat 2 Februari 2024.

Bujang Kampung merupakan yang ke-96, dilaksanakan di Kampung Teluk Lanus, Kecamatan Sungai Apit, Kabupaten Siak. Sejak pukul 07.00 WIB, sejumlah warga telah berada di lokasi untuk mendapatkan layanan.

"Sudah dari tadi, mau ngurus akta kematian istri," ucap Karmijan, warga kampung Teluk Lanus. 

Karmijan mengatakan istrinya sudah hampir satu tahun meninggal dunia, namun belum memiliki akta kematian. ia mengaku kesulitan mengurus akta kematian sang istri lantaran harus ke seberang pusat Kecamatan Sungai Apit dan menghabiskan waktu serta biaya perjalanan yang tak sedikit.

"Sangat jauh kalau harus ke seberang Kecamatan Sungai Apit, perjalanan air aja kisaran 6 jam, itu pun belum tentu sehari langsung jadi," tuturnya. 

"Sangat bersyukur kegiatan ini sangat membantu masyarakat dengan adanya program Bujang Kampung, layanan pengurusan yang seharusnya dilakukan di pusat kecamatan dan kabupaten bisa dibuat di sini," ungkapnya. 


Hal senada juga diungkap warga, Wakidi (80). Wakidi sudah di Kantor Desa Teluk Lanus sejak pukul 07.30 WIB untuk memeriksakan kesehatan.

Ia menyebut penglihatannya mulai kabur sejak divaksin Covid-19. Untuk itu, ia memanfaatkan layanan pemeriksaan kesehatan di Bujang Kampung.

"Semenjak di vaksin covid-19, mata saya mulai kabur, katanya di program Bujang Kampung ada pemeriksaan kesehatan langsung ada dokternya, saya nanti mau periksakan mata," ungkap Wakidi. 

Adapun pelayanan dalam program Bujang Kampung, yakni pelayanan kependudukan, pelayanan dapodik dan pendataan kesetaraan serta keaksaraan. Kemudian, pelayanan perpustakaan dan kearsipan, penyampaian program-program Baznas.

Adapula, pelayanan dokter spesialis dan vaksinasi, pemeriksaan gratis lapor sederhana (asam urat, kolesterol, gula dan tekanan darah), serta khitan massal untuk warga tak mampu atau anak yatim. 

Kemudian pelayanan Puskesmas, pelayanan perpajakan, pelayanan konsultasi pertanahan, pelayanan konsultasi pertanian, pelayanan UMKM dan pelayanan KB. 

Di kegiatan Program Bujang Kampung ke-96 di Kampung Teluk Lanus, Kecamatan Sungai Apit, Bupati Siak Alfedri turun langsung didampingi Wakil Bupati Siak Husni Merza.