Hari Ini Hujan Diperkirakan Bakal Guyur Riau

Ilustrasi-hujan6.jpg
(Foto: Istimewa via kumparan)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Memasuki awal Februari 2024, hujan dengan intensitas ringan hingga sedang masih berpotensi mengguyur Riau hari ini. 

Forecaster on Duty Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Bella RA, mengatakan pagi hari hujan dengan intensitas ringan hingga sedang diprakirakan terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Kampar dan Kuantan Singingi.

"Hujan bersifat tidak merata, hanya terjadi di beberapa daerah di Riau saja," ujar Bella, Jumat 2 Februari 2024.

Ia menjelaskan, siang hari hujan diprakirakan terjadi di sebagian wilayah Kabupaten Indragiri Hilir, Indragiri Hulu, Kuantan Singingi, Pelalawan, dan Kampar.

Disusul sore hingga malam hari terjadi di sebagian wilayah Kampar, Kuantan Singingi, Rokan Hulu, Siak, Bengkalis, Indragiri Hilir, Kota Pekanbaru, Rokan Hilir, Kota Dumai, dan Pelalawan.


"Dini hari udara kabur–berawan. Hujan intensitas ringan hingga sedang diprakirakan terjadi di sebagian wilayah Kampar, Kuantan Singingi, Indragiri Hulu, Rokan Hilir, Rokan Hulu, Bengkalis, Kota Pekanbaru, dan Indragiri Hilir," jelasnya. 

Lanjut Bella, BMKG mengeluarkan peringatan waspada hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang.

"Dapat terjadi di sebagian wilayah Kuantan Singingi, Kampar, Bengkalis, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir, dan Kota Pekanbaru pada malam atau dini hari," pungkasnya.

Sementara, suhu udara berada pada 23.0–32.0 derajat celcius dengan kelembaban udara 60–95 persen dan angin bertiup dari Utara - Timur / 10–30  km per jam.

Prakiraan tinggi gelombang di perairan Provinsi Riau berkisar antara 0.50 – 1.25 m (Rendah).