Raih Medali Perunggu, Riau Sabet Juara 3 e-Sport MLBB

Riau-sabet-medali-perunggu.jpg
(Anisa/RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Cabang Olahraga (Cabor) e-Sport Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera XI 2023, pada pertandingan Permainan Mobile Legend Bang-Bang (MLBB) telah memasuki babak final. Kegiatan ini sebelumnya telah digelar di Venue Riau Garden, Pekanbaru sejak Rabu 7 November 2023. 

Wakil Ketua Wasit dari Jawa Timur, Swie Ging mengungkapkan untuk pertandingan MLBB dilakukan 2 hari. Di hari pertama sudah dilakukan babak kualifikasi dan ada sistem Upper dan Lower. 

"Hari ini dimulai dari Final Upper Bracket, kemudian nanti ada Lower Bracket dan Final Lower Bracket. Lalu disusul yang terakhir yaitu Grand Final," ujarnya saat diwawancarai RIAU ONLINE, Kamis 8 November 2023.

Ia menjelaskan, untuk persyaratan pemain setiap kontingen yang terdaftar untuk 8 Provinsi mengutus 6 pemain dengan 5 pemain inti dan 1 pemain cadangan. 

"Untuk waktu dalam pertandingan biasanya best of three, paling lama sekitar 2 jam pertandingan. Jadi best of three adalah siapa yang menang 2 kali, berarti itu yang menang pertandingan," jelasnya.

Ia menyebutkan, untuk sistem penilaian, siapa yang menghancurkan base lawan terlebih dahulu itu yang memenangkan game. Lalu diberikan 1 poin. Setelah itu dilanjutkan game ke-2. Jika poin sama, maka dilanjutkan ke game ke-3. 

"Jadi di sini sistemnya Upper dan Lower, yang main di Upper Bracket lalu dia menerima kekalahan maka nanti akan turun ke Lower Bracket. Lower Bracket adalah tempat tim yang sudah kalah dari tim yang ada di Upper. Lalu jika di Final Lower Bracket ada tim yang menang, mereka akan bertanding lagi dengan tim yang final di Upper Bracket untuk bertanding di babak Grand Final," tuturnya.


Swie menambahkan, bagi juara 1 akan mendapatkan medali emas, juara 2 akan mendapatkan medali perak dan juara 3 akan mendapatkan medali perunggu. Sehingga yang akan lolos seleksi Pekan Olahraga Nasional (PON) hanya untuk medali emas dan perak.

"Harapan saya, semoga kedepannya mereka lebih kompetitif lagi dan mengembangkan talenta atlet yang ada di Sumatera ini," pungkasnya.

Sementara, dalam pertandingan Porwil cabang e-Sport diikuti oleh 8 provinsi di antaranya Lampung, Sumatera Selatan, Kepulauan Riau, Sumatera Barat, Bengkulu, Bangka Belitung, Jambi dan Riau.

Peserta dari Provinsi Riau terdiri 5 Anggota yang di antaranya adalah Nurhamidi, Teuku Muhammad Jiwa Ramadhanoor, Irwandi, Rezqi Rahmatul Hadi dan Akla Rosman.

Untuk babak pertandingan di hari terakhir Lampung vs Riau (Upper Bracket) kemudian Sumatera Barat vs Jambi (Lower Bracket). Lalu disusul kembali Riau vs Sumatera Barat (Final Lower).

Namun sangat disayangkan, pada babak Final Lower tim dari Sumatera Barat berhasil mengalahkan tim Riau, sehingga Babak Grand Final akan dilanjutkan oleh tim dari Sumatera Barat vs Lampung.

Berikut Upacara Penghormatan Pemenang (UPP) dan pemberian medali kepada peserta yang juara.

Juara 1 : Provinsi Sumatera Barat

Juara 2 : Provinsi Lampung

Juara 3 : Provinsi Riau.

Artikel ini ditulis Annisa, peserta program Magang Bersertifikat Kampus Merdeka di RIAU ONLINE