Kota Pekanbaru Masih Dikepung Kabut Asap, Kurangi Aktivitas di Luar Ruangan

Kabut-Asap-di-Kota-Pekanbaru2.jpg
(RIAU ONLINE)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kabut asap masih menyelimuti Kota Pekanbaru. Sejak pagi ini, Selasa 3 Oktober 2023, kabut menyelimuti udara kota sehingga jarak pandang tidak terlalu jauh.

Akibatnya, kualitas udara kota pun masuk kategori tidak sehat. Kondisi ini membuat masyarakat harus waspada terhadap bahaya dampak kabut asap yang melanda.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Pekanbaru, Zarman Candra, mengimbau masyarakat untuk sementara tidak banyak beraktivitas di luar ruangan.

"Kita bisa kurangi aktivitas di luar ruangan untuk mencegah gangguan kesehatan akibat kabut asap," jelasnya.


Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru juga juga sudah mengingatkan masyarakat agar mengenakan masker dalam kondisi kabut asap. Masyarakat juga diimbau banyak mengkonsumsi air agar menjaga kesehatan.

"Bisa pakai masker juga, agar mencegah dampak dari kabut asap," terangnya.

Zarman menyebut bahwa kabut asap yang melanda adalah kiriman dari daerah lain di sekitar Kota Pekanbaru. Ia mengimbau masyarakat agar jangan sampai membuka lahan dengan cara membakar. 

Dirinya mengingatkan agar masyarakat jangan ikut berkontribusi menambah kabut asap yang melanda. Menurutnya, potensi kebakaran lahan di kota ini masih ada.

"Kita meminta kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar, jangan sampai menambah kabut asap saat ini," tegasnya.