Sambut Baik Pemilu Terbuka, Demokrat Riau Imbau Kader Tak Meributkan Nomor Urut

Agung-Nugroho20.jpg
(riau online/Bagus Pribadi)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Riau, Agung Nugroho, meminta semua kader agar tak lagi berdinamika soal nomor urut.

Pasalnya, kata Agung Nugroho, Mahkamah Konstitusi (MK) sudah membuat ketetapan Pemilu akan dilakukan secara sistem proporsional terbuka. Sesuai dengan keinginan Partai Demokrat. 

Agung menyampaikan, dengan keputusan tersebut artinya nomor urut bukan lagi menjamin seseorang akan menang Pemilu. Sebab itu, kader Demokrat wajib memperkuat pergerakan di masyarakat supaya Demokrat bisa dipilih oleh masyarakat. 

"Jangan lagi sibuk dengan nomor urut, karena itu bukan jaminan. Saya ini sudah lelah sama dinamika nomor urut, malah ada yang mau mendemo saya perkara ini," ujar Agung.


Dengan sistem pemilu proporsional terbuka, jelas Agung Nugroho, para Caleg nantinya bisa berkreasi dalam mendapatkan simpati masyarakat. Namun, ia mengingatkan kreasi kampanye ini harus tetap berpedoman pada pesan Ketua Majelis Tinggi Demokrat, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dimana para kader harus berkampanye mengedepankan etika.

"Kedepankan etika, dan sampaikan apa yang dirasakan masyarakat. Karena kita adalah oposisi, kalau bukan kita yang menyampaikan keresahan rakyat, siapa lagi. Jangan pernah takut dalam memperjuangkan kepentingan rakyat," tuturnya. 

Jika semua instrumen bekerjasama, menurut Agung, Anggota DPRD yang duduk hari ini akan tetap duduk di Pemilu 2024, bahkan bisa menambah kursi di Dapilnya karena perolehan suara bertambah.