Polresta Pekanbaru Gelar Rapat Koordinasi Penanggulangan Karhutla

Rakor-karhutla-di-Polresta-pekanbaru.jpg
(Dok. Polresta Pekanbaru)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kapolresta Pekanbaru, Kombes Jefri Ronal Siagian pimpin rapat koordinasi penanganan bencana di Polresta Pekanbaru. Rapat digelar untuk mengantisipasi bencana kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayah Pekanbaru.

Rapat koordinasi ini turut dihadiri oleh Sekretaris Kota Pekanbaru, Indra Pomi, Kapolsek di wilayah Kota Pekanbaru, camat se-Kota Pekanbaru dan sejumlah instansi lainnya.

Kombes Jefri menjelaskan, perlunya koordinasi lintas instansi di Pekanbaru untuk siap dan sedia berhadapan dengan bencana yang sewaktu-waktu dapat terjadi.

"Maka rapat koordinasi ini diperlukan untuk mengetahui sejauh mana  kekuatan dan kesiapan logistik dalam menghadapi bencana. Baik itu bencana karhutla. Kemudian Logistik itu juga penting. Logistik itu tidak hanya berkaitan dengan peralatan namun juga berkaitan dengan sumber daya manusia. kita juga perlu memetakan daerah rawan, langkah cepat/tindakan yang perlu dilakukan agar bencana dapat diminimalisir. " tuturnya, Sabtu, 29 April 2023.

Dirinya mengimbau seluruh jajaran di Polresta Pekanbaru untuk bergerak cepat dengan segala informasi yang berkaitan dengan kebencanaan.


"Bhabinkamtibmas di setiap kecamatan untuk dapat meningkatkan patroli di lokasi lokasi lahan yang diduga dapat mudah terbakar, kemudian berkoordinasi dengan pihak kelurahan, dan yang tak kalah penting adalah pusat pusat layanan kesehatan juga dikoordinasikan,” jelasnya.

Dalam rapat koordinasi itu juga berbagai instansi dan dinas juga memaparkan berbagai informasi dan kesiapsiagaan bencana. Seperti BPBD Pekanbaru yang memaparkan jumlah personel dan peralatan yang siapkan, dan peta peta daerah rawan Pekanbaru akan kebakaran lahan