PLN Beri Diskon Pengisian Daya Kendaraan Listrik di Pekanbaru, Catat Jadwalnya

Ilustrasi-pengisian-daya.jpg
(Dok. PLN)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - PT PLN (Persero) mendukung upaya pemerintah terkait kendaraan listrik yang digadang-gadang mampu mengurangi emisi karbon dan menjaga bumi agar tetap hijau. Kini, PT PLN memberikan diskon pengisian daya untuk atau pengecasan bagi pemilik kendaraan listrik di Kota Pekanbaru.

Senior Manager Niaga dan Manajemen Pelanggan PT PLN Unit Induk Distribusi Riau dan Kepri, Henri Firdaus, mengatakan PLN berkomitmen penuh dalam pembangunan ekosistem Electric Vehicle (EV) di Riau, sesuai arahan Gubernur Riau, Syamsuar.

PLN secara khusus juga akan memberikan kemudahan bagi setiap pembelian mobil listrik berupa pelayanan dalam pemasangan home charging. Mulai dari pembangunan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), Stasiun Pengisian Listrik Umum (SPLU), Stasiun Penukaran Baterai Kendaraan Listrik Umum (SPBKLU) hingga layanan pemasangan home charging.

"Selain itu PLN juga menyediakan promo diskon untuk biaya pemasangan baru di rumah. Bahkan untuk pengisian daya pada pukul 22.00-05.00 diberikan diskon tarif listrik hingga mencapai 30 persen," jelasnya, Selasa, 8 Maret 2023.

Henri menyebut, infrastruktur seperti SPKLU, SPLU, SPBKLU, hingga home charging, sangat penting bagi kendaraan listrik agar masyarakat tertarik untuk beralih menggunakan kendaraan yang ramah lingkungan.


 "Ini adalah usaha kita bersama untuk beralih ke energi hijau dan membuat bumi lebih baik," katanya.

Untuk layanan terkait EV masyarakat pun diharapkan tidak perlu khawatir karena PLN telah bekerja sama dengan berbagai produsen EV di tanah air. Masyarakat sudah bisa mendapatkan informasi bahkan melakukan pembelian EV dengan mudah melalui platform Electric Vehicle Digital Services (EVDS) pada aplikasi PLN Mobile.

"PLN telah menyiapkan infrastruktur pendukung secara bertahap di beberapa lokasi strategis. Semua kebutuhan yang berkaitan dengan PLN, dapat diakses melalui aplikasi PLN Mobile. Maka semua kebutuhan kelistrikan ada dalam satu genggaman," jelasnya.

Untuk membuat Riau Hijau, hal itu pun telah dibuktikan PLN pada HUT ke-25 BUMN. Pada acara puncak, Ahad, 5 Maret 2023 lalu, PLN memberikan hadiah tiga unit hadiah motor listrik kepada pengunjung CFD. 

"Secara keseluruhan PLN menghadirkan 3 unit sepeda motor listrik yang diserahkan di tiga lokasi berbeda yaitu di Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Rokan Hilir, dan Puncaknya di Kota Pekanbaru," tutupnya.