Mantan Kapolsek Limapuluh Kompol Stevie Arnold Raih Pin Emas dari Kapolri

Irjen-Agung-Setya-Imam-Effendy60.jpg
(HO Via Riauonline)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Mantan Kapolsek Limapuluh Kota Pekanbaru Provinsi Riau, Kompol Stevie Arnold Rampengan menerima penghargaan pin emas dari Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jendral Listyo Sigit Prabowo, Jumat, 3 Maret 2023 lalu. 

 

Penghargaan tersebut diberikan Kapolri atas prestasi Kompol Stevie dalam membantu pengamanan presidensi KTT G-20 di Bali melalui aplikasi Sistem Operasi Terpadu (SOT).

 

Kompol Stevie tak lupa bersyukur dan mengucapkan terimakasih kepada Polri dan jajaran atas prestasi yang diperoleh. 

 

"Saya mengucapkan banyak terima kasih kepada Kapolri atas penghargaan yang diberikan kepada saya, tentu ini menjadi motivasi buat diri saya untuk semakin berkembang dan memberikan yang terbaik untuk Polri kedepannya," ujar Kompol Stevie, Senin, 6 Maret 2023.

 

Diketahui, Kompol Stevie juga polisi yang menjadi pengembang aplikasi Dashboard Lancang Kuning dan sangat berjasa dalam penanggulan Karhutla di Provinsi Riau. 

 

"Kesuksesan ini tidak terlepas dari dukungan banyak pihak, salah satunya Polri sebagai penanggung jawab keamanan dan ketertiban masyarakat," sebutnya.

 

Ia juga menyebutkan, Sistem Operasi Terpadu atau yang dikenal SOT Presisi itu diinisiasi langsung oleh Asops Kapolri, Irjen Pol Agung Imam Effendi yang sebelumnya mantan Kapolda Riau sebelum Mohammad Iqbal. 

 


"Beliau yang menginisiasi aplikasi ini dan memerintahkan saya untuk mengembangkan aplikasi tersebut agar bisa digunakan dalam pengamanan G20," tutupnya. 

 

Untuk diketahui, SOT presisi adalah aplikasi berbasis android. Aplikasi ini digunakan khusus untuk anggota Polri sesuai operasi atau tugas nya, dalam aplikasi SOT Presisi terdapat tugas dari satgas masing-masing dan dalam laporan wajib mengambil foto atau video (durasi max 30 detik). 

 

Terdapat hasil laporan dalam group satgas sehingga kelihatan anggota yang sudah buat laporan dan yang belum sehingga bisa dinilai kinerjanya.

 

SOT sendiri dalam penerapannya berperan penting untuk pengoptimalisasian command centre ITDC Bali, dalam mendukung pelaksanaan pengamanan presidensi G20, dimana kegiatan yang berhubungan dengan pemantauan anggota atau pasukan serta pemetaan peralatan dapat termonitoring.

 

 

 

Sedangkan untuk Dashboard Monitoring, sistem ini bekerja untuk memonitoring para anggota di lapangan secara Real time lokasi anggota, merupakan lokasi titik koordinat anggota di lapangan yang terpantau langsung dari Command Center, sehingga Command Center dapat memberikan langsung arahan atau perintah ke titik pengamanan kepada anggota yang berada dekat dengan lokasi titik hotspot yang terpantau.

 

Jabatan baru Kompol Stevie yakni sebagai Kaurmin Baganev Robinops Sops Polri.