Senat Unri Prof Zulkarnaini: Saiman Pakpahan Punya SK, Artinya akan Dilantik

Saiman-Pakpahan.jpg
(HO Via Riauonline)

RIAU ONLINE, PEKANBARU-Ketua Senat Universitas Riau (Unri), Prof Zulkarnaini, menyatakan kebijakan penentuan memenuhi syarat atau tidaknya Saiman Pakpahan sebagai Wakil Dekan III berada di internal FISIP Unri.

 

Hal itu dikatakannya, mengingat Senin, 20 Februari 2023 silam, Saiman batal dilantik sebagai Wakil Dekan III FISIP Unri dan diwarnai demonstrasi Mahasiswa Ilmu Pemerintahan hingga ricuh.

 

"Tapi kalau sudah ada Surat Keputusan (SK)-nya berarti Pak Saiman memenuhi syarat. Awalnya kan Dekan dilantik duluan, itu pengusulannya bersamaan dengan Wakil Dekan dari internal fakultas. Kemudian rektorat mengirimkan persetujuan ke kementerian. Itu lancar saja, berarti memenuhi syarat sesuai aturannya," terangnya kepada RIAUONLINE.CO.ID, Selasa, 21 Februari 2023.

 

Mengingat SK Saiman sudah ada, Zulkarnaini menegaskan, kemungkinan ke depannya akan dilantik. 

 

"Kecuali mungkin nanti memang ditemui ada persyaratan yang tak lengkap atau melanggar aturan, bisa dibatalkan," katanya.


 

Namun, lanjutnya, selagi persyaratannya memenuhi maka ke depannya bakal dilantik oleh rektor atau dekan, tergantung keputusan pihak kampus. "Karena di fakultas kan ada senatnya sendiri," ujar Zulkarnaini.

 

Sebagai ketua senat, ia menuturkan wajib menghadiri pelantikan tersebut. Maka saat tiba pagi hari, Zulkarnaini merasa heran dengan adanya demonstrasi mahasiswa.

 

"Pelantikan Jam 9 pagi tapi ditunda, kemudian pas mau dilanjutkan mahasiswa demo lagi masuk ke Gedung Rektorat Unri. Setelah dilanjutkan, Pak Saiman tak hadir. Awalnya pagi hadir, saya ketemu dan mengucapkan selamat," tuturnya.

 

Ia menjelaskan, saat itu ada jajaran Dekanat Fakultas Perikanan dan Kelautan, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik.

 

"Yang lainnya dilantik, tapi pak Saiman tak ada pas acara pelantikan dilanjutkan. Selaku ketua senat, saya hanya mendapatkan informasi ada pelantikan, jadi saya tahu sampai situ aja," tutupnya.