Viral Gol Tendangan Bebas Keselo Ala Messi, Tumpuan Kakinya Tak Biasa

Kaki-Messi.jpg
(twitter)

RIAU ONLINE, PARIS-Ada yang menarik dari gol tendangan bebas Lionel Messi yang lagi ramai diperbincangkan. Tendangan bebas ala Messi itu disebut tendangan keseleo.

Awalnya tendangan bebas keseleo menjadi perhatian dalam duel yang berlangsung di Parc des Princes, Minggu (19/2/2023).

Setelah pertandingan, tendangan bebas gaya keseleo ini akhirnya viral di media sosial. Hal ini lantaran kaki kanan yang menjadi tumpuan Messi seperti tampak terkilir alias keseleo.

Menurut penjelasan yang dikutip dari SportBible, teknik tendangan bebas Messi ini menjadi salah satu aksi yang estetik. Ada fakta-fakta yang menarik secara saintifik.

Dari ulasan yang diberikan oleh Dr Rajpal Brar, ada penjelasan keilmuan yang bisa digunakan untuk menguraikan teknik spesial yang dilakukan oleh Lionel Messi tersebut.


"Saat Messi menendang bola, ia menggeser pinggulnya ke kanan. Dia benar-benar menggerakkan pinggulnya ke kanan saat dia menendang untuk membuka kaki kirinya," kata Rajpal Brar kepada podcast Squawka.

Menurut Dr Rajpa Brar, teknik yang dilakukan Lionel Messi itu bisa disebut sebagai ‘inversi terkilir’ yakni ketika pemain Timnas Argentina itu bertumpu pada kaki kanan saat melakukan tendangan bebas.

"Dan apa yang terjadi pada kaki tumpuannya adalah memindahkan semua beban ke bagian luar kaki. Jadi ketika dia mengikuti dan dia memukul bola, kaki kiri itu datang dari kiri ke kanan,” ujarnya.

“Sekarang semuanya berjalan ke luar pergelangan kakinya hampir seperti yang terjadi saat pergelangan kaki Anda terkilir," lanjutnya.

"Anda memiliki semua kekuatan di luar pergelangan kaki Anda dan memutar ke dalam. Tapi dalam kasus Messi, dia melatih dirinya dan tubuhnya untuk mengontrol gerakan itu," imbuhnya.

Sebetulnya, cara Lionel Messi melakukan tendangan bebas ini sudah dilatih sejak masih berusia muda. Hal itu dilakukan menggunakan boneka plastic sebagai pembatas dirinya dengan gawang.

Menurut laporan dari Marca, saat melakukan tendangan bebas, kaki Messi bisa memiliki sudut sebesar 50 derajat. Dia seperti memendam seluruh sepatunya di rumput sebelum menendang bola.

Hal ini membuat pemain berusia 35 tahun itu mendapatkan stabilitas dan bisa mengendalikan tubuhnya ketika menembak bola. Untuk meningkatkan akurasinya, Messi juga melengkungkan bahu dan dada ketika menyepak bola dikutip dari suara.com