Kadinkes Riau Buka Kongres Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia

Kongres-ahli-kesehatan-daring.jpg
(Tangkapan layar)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Provinsi Riau, Zainal Arifin, resmi membuka kegiatan Kongres Nasional (Konas) XV dan Forum Ilmiah Tahunan (FIT) VIII Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) tahun 2022. Kegiatan ini berlangsung di Hotel Labersa Pekanbaru, Kamis, 24 November 2022. 

Zainal menyampaikan permasalahan kesehatan yang menjadi prioritas saat ini yakni permasalahan stunting, angka kematian ibu, angka kematian bayi, tuberkulosis dan penyakit tidak menular.

Sehingga, isu-isu strategis nasional dan daerah tersebut sangat relevan dengan agenda kongres nasional dan FIT Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia di Kota Pekanbaru yang dilaksanakan pada 22 hingga 26 November mendatang.

"Ini sangat relevan dengan kongres IAKMI, tentunya dengan topik yang dipilih tentang evaluasi, implementasi, transformasi sistem kesehatan menuju cakupan kesehatan semesta 2023,"ujar Kadinkes Riau, Zainal Arifin dalam sambutannya. 


Ia menyebut, melalui forum ilmiah tahunan IAKMI dapat meningkatkan kesehatan masyarakat tanpa memandang perbedaan sosial agama, suku bangsa dan batas wilayah serta mengembangkan kemitraan strategis dengan pemerintah dalam upaya mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya.

"Selanjutnya gerakan masyarakat hidup sehat melalui Germas, aktivitas fisik, konsumsi gizi seimbang, meningkatkan lingkungan sehat dan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat, akan terus kita gaungkan bersama-sama dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat," pungkasnya.

Oleh karena itu, ia berharap dengan pertemuan ini adanya inovasi dan terobosan, serta lompatan yang sangat cepat dalam mendukung program pemerintah di bidang kesehatan.

Adapun beberapa rangkaian kegiatan yang diselenggarakan dalam Konas XV dan FIT VIII IAKMI tersebut seperti plenary, simposium, paper presentation, exhibition, award ceremony, organizational meeting dan lainnya.