Gegara Kasus Narkoba, Eks Kapolda Sumbar Bukan Lagi Ketum Harley Davidson Club Indonesia

Irjen-Teddy-Minahasa-Putra2.jpg
(Langgam.id)


RIAU ONLINE - Mantan Kapolda Sumatera Barat (Sumbar), Irjen Teddy Minahasa, tidak lagi menjabat Ketua Umum (Ketum) Harley Davidson Club Indonesia (HDCI) mulai November ini. Hal ini disampaikan dalam keterangan resmi HDCI.

Seperti dilansir dari Kumparan, Rabu, 9 November 2022, poin pertama menjelaskan bahwa Teddy Minahasa telah resmi mengundurkan diri sebagai Ketum HDCI mulai tanggal 1 November 2022.

Pengunduran diri itu mengharuskan pengurus pusat segera melaksanakan rapat pleno pengurus pusat, dalam rangka penetapan Pelaksana Tugas (Plt) Ketum dan Musyawarah Nasional Luar Biasa paling lambat 3 bulan setelah penetapan Plt.

"Tugas dan kewenangan dari PLT ketua Umum ini ditetapkan dalam rapat pleno pengurus pusat. Demikian yang dapat kami sampaikan sesuai arahan Sekjen HDCI PP Husdi Karyono," demikian keterangan yang disampaikan Kabid Humas HDCI, Glenarto.

Pengunduran diri Teddy Minahasa merupakan buntut dari kasus narkoba yang menjeratnya. Ia ditetapkan sebagai tersangka peredaran narkotika jenis sabu yang diperoleh dari barang bukti hasil pengungkapan kasus di Polres Bukittinggi.


Teddy sebelumnya terpilih sebagai Ketum HDCI dalam Musyawarah Nasional (Munas) di Surabaya pada 2021. HDCI di bawah kepemimpinannya berkomitmen untuk mendukung pemerintah, terutama dalam meningkatkan perekonomian dan pariwisata.

Selain itu, Teddy juga pernah menjabat beberapa posisi strategis lainnya, seperti Sekretariat HDCI Pusat periode 2011-2016 Kepala Bidang Organisasi HDCI Pusat periode 2011-2019 dan Waketum HDCI periode 2019-2021.

Irjen Teddy Minahasa5

dok. Polda Sumbar

Teddy diketahui memilik satu unit Harley Davidson buatan 2014 yang ditaksir bernilai Rp 650 juta berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN), yang dilaporkannya pada 26 Maret 2022 saat awal menjabat sebagai Kapolda Sumatera Barat.

Belum diketahui tipenya, namun dari foto yang dibagikan, Teddy pernah menaiki Harley Davidson Road Glide berwarna merah. Kendaraan roda dua itu kemungkinan lansiran tahun 2014 hingga 2016.

Teddy juga memiliki koleksi mobil seperti Jeep Wrangler tahun produksi 2016 hasil sendiri dengan nilai taksiran Rp 750 juta, Toyota Land Cruiser FH55 lansiran 1970 bernilai Rp 75 juta, hingga Toyota Land Cruiser HDJ 80 R 1996 senilai Rp 600 juta.