Harga Sawit di Riau Anjlok, Syamsuar Bakal Kirim Surat ke Presiden

Tandan-Buah-Segar6.jpg
(infosawit.com)


RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Provinsi Riau Zulfadli mengatakan, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar akan mengirim surat kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Surat ini terkait anjloknya harga sawit para petani di Riau.

Pasalnya, harga sawit petani terus mengalami penurunan pasca pencabutan larangan ekspor crude palm oil (CPO) oleh pemerintah beberapa waktu lalu.

"Surat yang segera dikirim Gubri ke Presiden itu berdasarkan hasil rapat/pertemuan Gubernur se-Sumatra beberapa hari yang lalu," katanya.

Zulfadli juga mengatakan, dalam surat tersebut, Syamsuar meminta agar harga sawit yang belum juga membaik dapat diperhatikan pemerintah pusat. Menurut Zulfadli, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau tak pernah tinggal diam atas anjloknya harga sawit petani di Riau.


 

 

Lebih lanjut, Zulfadli menjelaskan, upaya lain untuk memperjuangkan harga sawit petani adalah mendorong kepala daerah di Riau untuk memfasilitasi petani agar bermitra dengan perusahaan Pabrik Kelapa Sawit (PKS).

"Pak Gubernur telah meminta kabupaten/kota untuk membantu petani sawit. Itu sudah disampaikan pak Gubernur saat pertemuan dengan bupati/walikota beberapa waktu lalu," pungkasnya.