Dikenal Tertutup, Banyak Produk Tanah Air Dijual di Korea Utara

Produk-Indonesia-di-Korut.jpg
(TikTok/@hellowbestiee)


Laporan: Dwi Fatimah

RIAUONLINE, PEKANBARU - Apa yang terlintas di benak kamu saat mendengar negara Korea Utara? Ya, sebuah negara yang sangat tertutup dan tidak banyak turis atau produk dari luar negeri yang bisa ditemui di sana. Tapi siapa sangka, kamu bisa menemukan produk Indonesia di Korea Utara.

Dalam sebuah video TikTok yang diunggah akun @hellowbestiee memperlihatkan seorang warga Indonesia tengah berbelanja produk Tanah Air di Korea Utara.

Video itu memperlihatkan seorang WNI mengabadikan momen dirinya ketika berbelanja di minimarket. Ia memperlihatkan makanan kecil hingga pengharum ruangan yang sering kita lihat di Tanah Air ternyata ada di Korea Utara.

"Ternyata banyak produk Indonesia ya di Korea Utara," bunyi tulisan di video tersebut.

Video berdurasi 2 menit 47 detik itu, perekam video tampak memperlihatkan produk lokal yakni cokelat TOP yang sering ditemui di Tanah Air. Selain itu, ia juga memperlihatkan bumbu dapur yakni Sasa yang juga ternyata diperjualbelikan di Korea Utara.

Tidak hanya itu, publik makin terkejut saat melihat mie gelas instan yakni Pop Mie yang juga sering dijumpai di pusat perbelanjaan di Tanah Air juga dijual di negara tetangga Korea Selatan tersebut. Produk-produk lokal tersebut tampak membuat para warganet terheran-heran.


Apalagi, negara sekelas Korea Utara ternyata tak seperti yang kita bayangkan selama ini. Mulai dari negara yang sangat tertutup, produk luar negeri terutama barat, dikabarkan dilarang diperjualbelikan di negara tersebut.

Hal itu ternyata keliru usai dibuktikan oleh pengunggah video yang diduga seorang pegawai di Kedutaan Indonesia di Korea Utara. Ia tampak merekam dirinya saat belanja di minimarket dengan membeli produk-produk lokal Tanah Air yang dijual di negara itu.

Bahkan, pengharum ruangan yakni Stella juga terlihat dijual di minimarket tersebut. Pasalnya, pengharum ruangan itu merupakan produk lokal Tanah Air yang ternyata juga ada di Korea Utara dikenal sangat tertutup selama ini.

Pegawai minimarket di video itu juga membuat publik terkejut. Sebab, mereka tampak cukup ramah saat melayani perekam video yang merupakan WNI. Dengan arti, anggapan rakyat Korea Utara yang dianggap kaku hingga tak ramah tidak terlihat di video itu.

Kini, sejak diunggah di media sosial, video tersebut sukses mencuri perhatian publik. Apalagi, banyak warganet yang baru mengetahui lantaran produk Indonesia ternyata ada di negara sekelas Korea Utara yang kita anggap sangat tertutup selama ini.

"Indonesia dan Korea Utara menjalin hubungan internasional yang sangat kuat dan erat," tulis @Wan.iwan.

"Baru tahu negara kita sekarang sudah banyak dikenal dengan produk cemilannya," sahut @burungmanja.

"Sejak zaman Pak Soekarno Indonesia & Korut bermitra dengan baik," lanjut @hemisuhaimi7.

"Kasihan mereka yang sering makan media barat mentah mentah wkwkwk," timpal @tujuanpembelajaran.